Tren Kasus Covid-19 Masih Meningkat di 5 Provinsi Ini

covid

Kondisi dermaga wisata Ulee Lheue di Aceh saat pandemi Covid-19. (Instagram/@kotabandaaceh)

INDOPOS.CO.ID – Tren konfirmasi kasus harian Covid-19 menunjukkan penurunan selama beberapa pekan terakhir. Penanganan pandemi virus Corona diklaim makin baik. Namun, sebagian wilayah angka kasunya belum terkendali.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, penurunan kasus Covid-19 dilihat dari turunnya angka reproduksi efektif (Rt) virus di seluruh pulau besar Indonesia.

Namun, ada lima provinsi masih menunjukkan peningkatan kasus harian. Hanya saja jumlah penambahan kasus tersebut tidak disebutkan secara detail.

“Ada lima provinsi yang trennya masih sedikit meningkat, yaitu Provinsi Aceh, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Kalimantan Utara,” kata Dante usai evaluasi PPKM melalui virtual, Senin (7/3/2022).

Penanganan pandemi lebih baik dilihat dari jumlah pasien rawat inap di rumah saki kian menurun. Saat ini terdapat 60 persen pasien yang dirawat tidak bergejala atau bergejala ringan.

“Jadi sebagian besar kasus yang dirawat adalah kasus-kasus yang tidak memerlukan perawat secara klinis medis,” imbuh Dante.

Sedangkan kasus kematian, sebanyak 50 persen pasien Covid-19 yang meninggal dunia memiliki penyakit penyerta atau komorbid.

Mayoritas kasus kematian tersebut, berasal dari lansia dengan komorbid berupa diabetes, hipertensi dan gagal ginjal.

“Jadi tidak semua pasien meninggal karena Covid-19, tetapi ada juga yang meninggal dengan Covid-19,” tuturnya. (dan)

Exit mobile version