Puan Dinilai Cukup Jeli Jika Duet dengan Anies di Pilpres 2024

puan

Ketua DPR Puan Maharani menghadiri perhelatan sidang @ipu.parliament_official ke-144. Foto: Instagram/@puanmaharaniri 

INDOPOS.CO.ID – Pengamat politik Ujang Komarudin menilai, sikap Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani yang membuka peluang duet pemilihan presiden (Pilpres) 2024 dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan kalkulasi politik cukup baik.

“Saya kira, Puan cukup jeli dan cerdas dalam mengkalkulasi kepentingan politik,” kata Ujang melalui gawai, Jakarta, Senin (28/3/2022).

Menurutnya, Puan mampu membaca peluang elektoral dengan membuka peluang terhadap dua nama yakni Anies Bsswedan atau Prabowo Subianto yang memiliki pendukung besar.

“Notabenenya punya basis massa, yang tak kalah signifikannya dengan massa PDIP itu sendiri,” tutur Ujang.

Dosen Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin itu menyarankan agar Puan mengerucutkan kembali pilihannya secara konkret.

“Harus segera dikonkretkan diantara dua nama itu. Ini penting agar Puan bisa tancap gas dan test ombak,” ujarnya.

Maka soliditas kadernya mesti terus digenjot, uji keseriusan mereka jangan cuma seremonial bagi-bagi sembako saja.

“Tapi sejauh mana kadernya mampu menaikkan nama Puan di tengah masyarakat melalui berbagai strategi politik. PDIP harus fokus ke satu nama yang akan dimajukan, jangan terbelah seperti sekarang,” ucap Ujang.

Dalam sebuah wawancara di televisi, Puan Maharani menyatakan membuka peluang berduet dengan Anies Baswedan di Pilpres 2024. Dia menegaskan tak memiliki masalah, apalagi sampai bermusuhan dengan Anies.

“Mungkin saja (duet dengan Anies), enggak ada yang tidak mungkin di politik. Semua dinamika itu bisa terjadi. Ya tinggal kita lihat lagi tahun depan lah bagaimana ceritanya, cerita-cerita politik,” kata Puan. (dan)

Exit mobile version