Vaksinasi Booster Harus Dilakukan 2 Minggu Sebelum Mudik

booster

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Masyarakat yang hendak mudik Lebaran 2022, sebaiknya telah mempersiapkan diri. Salah satunya, melengkapi vaksin dosis ketiga atau booster sebagai perlindungan lebih saat perjalanan ke kampung halaman.

Juru Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengedukasi masyarakat terkait cara kerja vaksin membentuk imunitas tubuh atau antibodi. Secara patologis, kemampuan tubuh manusia merespon berbeda dalam membentuk kekebalan.

“Para ahli imunologi sepakat proses pembentukan antibodi dalam tubuh rata-rata memakan waktu 1-2 minggu setelah penyuntikan,” kata Wiku dalam keterangan virtual dilihat, Rabu (6/4/2022).

Dari penjelasan tersebut, seharusnya menjadi penyemangat masyarakat divaksin booster. Sehingga makin siap beraktivitas dalam kondisi sehat secara optimal.

Maka masyarakat diimbau segera memenuhi dosis vaksinasi lengkap maupun booster. “Sekurang-kurangnya 2 minggu sebelum menjalankan kegiatan sosial berskala besar seperti mudik,” tutur Wiku.

Selain itu, disiplin mematuhi aturan yang ditetapkan penyedia jasa layanan transportasi, dan menunjukkan dokumen perjalanan yang benar dan resmi.

“Masyarakat kami minta, agar selalu dan terus menerus patuh dan disiplin menjalan protokol kesehatan,” ucap Wiku.

Nantinya akan diterapkan upaya pemeriksaan acak di beberapa titik strategis untuk menskrining pelaku perjalanan yang menggunakan kendaraan pribadi.

Pemeriksaan akan dilakukan pada data yang tertera (berdasarkan riwayat tertular maupun vaksinasi) di dalam Peduli Lindungi yang menunjukkan status kelayakan untuk bepergian. (dan)

Exit mobile version