Kamis Ini, Mendagri Akan Lantik Lima Penjabat Gubernur. Siapa Nama-Namanya?

Benni Irwan

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kapuspen Kemendagri) Benni Irwan. Foto: Ist.

INDOPOS.CO.ID – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan melantik lima penjabat (Pj) gubernur di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendari) besok, Kamis (12/5/2022).

Pelantikan Pj gubernur ini dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah (gubernur) di lima provinsi karena masa jabatan kepala daerah yang terpilih melalui mekanisme politik pemilihan kepala daerah (pilkada) berakhir pada bulan Mei 2022 ini.

Masa jabatan para penjabat gubernur ini akan berakhir hingga kepala daerah dan wakil kepala daerah definitif terpilih melalui pemilihan kepala daerah secara serentak pada tahun 2024 mendatang.

“Rencananya begitu, mas. Yang akan dilantik Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Sulawesi Barat (Sulbar), Gorontalo dan Papua Barat,” ujar Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benni Irwan kepada indopos.co.id, Rabu (11/5/2022) malam.

Khusus untuk Banten, masa jabatan Gubernur Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Andika Hazrumy akan berakhir, Kamis (12/5/2022).

Kemendagri telah mengirim surat undangan pelantikan Pj Gubernur yang ditujukan kepada Gubernur Banten Wahidin Halim, Wakil Gubernur Andika Hazrumy dan unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) yakni Ketua DPRD Banten Andra Soni, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Banten, Kapolda Banten, Ketua Pengadilan Tinggi Banten, Sekda Provinsi Banten, Danrem 064 Maulana Yusuf dan Danrem O52 Wijaya Krama.

Dalam surat undangan dengan Nomor: 005/2472/SJ tertanggal 10 Mei 2022 tersebut, Kemendagri meminta para undangan untuk hadir 30 menit sebelum acara dimulai di Ruang Sasana Bhakti Praja (SBP) Gedung C, Lantai 3, Kemendagri, Jl. Merdeka Utara, Nomor 7 Jakarta Pusat. Acara pelantikan Kamis (12/5/2022) dimulai pada pukul 08.00 WIB.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kemendagri kelima penjabat gubernur yang akan dilantik itu, yakni Pj Gubernur Banten Dr Al Muktabar MSc –saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Banten.

Selanjutnya, Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Dr Ir Ridwan Djamaluddin –saat ini menjabat sebagai Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM.

Pj. Gubernur Sulbar Drs Akmal Malik MSi –saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri.

Pj. Gubernur Gorontalo Dr Ir Hamka Hendra Noer MSi –saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Pj. Gubernur Papua Barat Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Drs Paulus Waterpauw –saat ini menjabat sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Kementerian Dalam Negeri. (dam)

Exit mobile version