Hari Raya Waisak, Umat Doa Bersama di Vihara Buddha Tidur

Hari Raya Waisak

Umat Buddha tengah melakukan sembahyang, pada Hari Raya Waisak 2022, di Vihara Buddha Tidur, Senin (16/5). Foto: Nasuha/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID – Sejak Senin (16/5) pagi vihara Buddha Dharma dan 8 Pho Sat atau lebih dikenal sebagai Vihara Buddha Tidur sudah dipadati umat Buddha. Mereka datang dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Setibanya di vihara yang ditetapkan sebagai obyek wisata religi Kabupaten Bogor ini, umat Buddha melakukan sembahyang. Di setiap altar, nampak umat menyalakan hio sembari melakukan sembahyang.

“Mereka (umat) melakukan sembahyang di delapan altar di vihara Buddha Tidur,” ujar Pengurus Vihara Buddha Tidur, Andrean Halim kepada INDOPOS, Senin (16/5).

Pada perayaan Hari Raya Waisak 2022 ini, lanjutnya, umat secara bersama-sama akan melakukan sembahyang pada sore hari pukul 15.00 WIB. Selain itu juga akan dilakukan pelepasan makhluk hidup.

“Sore ini kita akan melakukan doa bersama dipimpin seorang biksu,” katanya.

Sepekan sebelum perayaan Hari Raya Waisak 2022, pengurus vihara yang memiliki patung Buddha tidur terpanjnag di Indonesia ini melakukan ritual pembersihan semua patung di delapan altar di Vihara Buddha Tidur. Prosesi tersebut, menurut Andrean dilakukan dengan melakukan doa dan ritual sebelumnya.

“Pembersihan patung menggunakan air dengan bunga melati,” ungkapnya.

Ia berharap, pada perayaan Hari Raya Waisak 2022 ini umat Buddha ditekankan saling menjaga kerukunan antar umat beragama. Hal ini sesuai dengan tema perayaan Hari Raya Waisak 2022 terkait moderasi beragama.(nas)

Exit mobile version