Diguncang Gempa M 6.5, Warga Maluku Barat Panik Berlarian Keluar

gempa

Shake map gempa Magnitude (M) 6.5 guncang Maluku Barat. Foto: BMKG

INDOPOS.CO.ID – Guncangan gempa Magnitude (M) 6.5 dirasakan selama beberapa detik oleh masyarakat Kabupaten Maluku Barat, Maluku pada Jumat, (27/5/2022) pukul 09.36 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Barat Daya melaporkan masyarakat berlarian ke luar rumah. Sejauh ini belum ada laporan korban maupun kerusakan.

“Masyarakat sempat panik, berlari keluar rumah dan perkantoran saat gempa terjadi,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya, Jumat (27/5/2022).

Gempabumi terjadi di laut pada kedalaman 104 kilometer tepatnya 85 km Barat Daya dari Maluku Barat Daya. Berdasarkan pemodelan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tidak berpotensi tsunami.

“Petugas masih melakukan monitoring dan mengimbau masyarakat tetap siap siaga jika terjadi gempa susulan,” ujar Abdul.

Pantuan BMKG mencatat kekuatan gempa yang diukur dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) menunjukkan III-IV MMI di wilayah Tiakur, Kisar dan Alor, yang artinya dirasakan oleh orang banyak, gerabah pecah, dan dinding berderik. Kemudian II MMI di wilayah Kupang. (dan)

Exit mobile version