Jasad Eril Diserahkan pada Keluarga di Kota Bern

Pencarian Emeril

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menemui polisi Swiss saat memantau langsung pencarian Eril yang hilang terseret arus sungai Aare di Bern, Swiss. Foto: Kemenlu RI

INDOPOS.CO.ID – Pencarian putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril berakhir. Dia hilang dua pekan di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss. Kini telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad menyatakan, pihak keluarga almarhum diizinkan mengambil jasad Eril, setelah berkasnya diserahkan kepada otoritas setempat.

“Pihak Pengadilan (Bern) telah memberikan, kewenangan bagi keluarga yang saat ini berada di Bern untuk menerima jasad ananda Eril,” kata Mualiman saat jumpa pers virtual dari Swiss, Kamis (9/6/2022).

KBRI juga akan melakukan pengawalan dalam proses repratiasi hingga Eril tiba di Indonesia. Termasuk memastikan penghormatan terhadap hak-hak Eril sebagai muslim terpenuhi.

“Setiba di Jakarta, nanti Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia Kemenlu akan memfasilitasi kedatangan rombongan di Bandara Soekarno Hatta,” ujar Mualiman.

Jasad Eril ditemukan pada, Rabu (8/6/2022) sekitar pukul 06.30 waktu setempat. KBRI Bern mendapatkan kabar hilangnya Eril di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada Kamis (26/5/2022) pukul 11.24 waktu setempat.

Menurut penjelasan Kepolisian, Eril mengalami situasi darurat pada saat berenang. Sejak menerima laporan orang hilang, Kepolisian Swiss telah berkomitmen menemukannya dengan mengerahkan berbagai metode pencarian.(dan)

Exit mobile version