4 Kasus Subvarian Omicron Baru Terdeteksi di Indonesia, 1 WNI dan 3 WNA

Omicron Varian baru

Ilustrasi virus Corona. (Ist)

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan, empat kasus subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang terdeteksi di Indonesia. Dari temuan tersebut ditemukan dari warga Indonesia dan warga negara asing.

Adapun rinciannya ialah di provinsi Bali, dengan rincian satu orang Warga Negara Indonesia (WNI) dan tiga orang Warga Negara Asing (WNA) sebagai delegasi The Global Platform Disaster Risk Reduction (GPDRR).

“Saya sampaikan ada empat kasus subvarian Omicron yang baru yaitu ada satu orang terpapar BA.4 dan kemudian tiga orang BA.5,” kata Juru Bicara Kemenkes dr. Mohammad Syahril dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Jumat (10/6/2022).

Ia mengemukakan, satu orang WNI yang terinfeksi BA 4 merupakan laki-laki berusia 27 tahun. Sementara kondisi klinisnya tidak bergejala dan vaksinasi Covid-19 sudah dua kali.

Sedangkan tiga WNA dengan subvarian BA.5 semuanya laki-laki merupakan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

“Dari kondisi ini tiga orang itu tidak bergejala. Hanya satu orang yang bergejala ringan dengan sakit tenggorokan dan badan pegal,” beber Syahril.

Berdasarkan data interim subvarian BA.4 dan BA.5 di tingkat global disampaikan transmisi BA.4 dan BA.5 memiliki kemungkinan menyebar lebih cepat dari pada subvarian Omicrn sebelumnya yakni BA.1 dan BA.2. “Mereka (empat orang) rata-rata sudah divaksin bahkan sudah ada empat kali divaksin,” imbuhnya.(dan)

Exit mobile version