Jokowi: Konstitusi Indonesia Mengamanatkan Terciptanya Perdamaian Dunia

Jokowi-Putin

Presiden Joko Widodo bersama Presiden Rusia Vladimir Putin usai memberikan keterangan pers bersama di Istana Kremlin, Moskow, Kamis (30/6/2022). Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

INDOPOS.CO.ID – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Kamis (30/6/2022).

Presiden Jokowi tiba di Istana Kremlin sekitar pukul 15.30 waktu setempat dan langsung melakukan pertemuan secara langsung dengan Presiden Putin di Ruang Upacara Kenegaraan Istana Kremlin.

“Isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia,” kata Jokowi saat bersama Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, dalam laman resmi Setkab, Jumat, (1/7/2022).

“Konstitusi Indonesia mengamanatkan, Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia. Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia adalah salah satu wujud dari kontribusi tersebut,” ujarnya.

Meskipun situasi saat ini masih sangat sulit, namun Jokowi menegaskan bahwa penyelesaian damai penting untuk terus di kedepankan dan ruang-ruang dialog terus dibuka.

Teks foto: Presiden Joko Widodo bersama Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, Kamis (30/06/2022). Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

“Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut,” tutur Jokowi.

Jokowi telah bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di pintu masuk Istana pada Rabu (29/06/2022) sore sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

Rombongan Jokowi menempuh perjalanan dengan Kereta Luar Biasa (KLB) selama 11 jam, mereka tiba di Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, Kamis (30/6/2022) sekitar pukul 06.30 waktu setempat.

Dari stasiun Polandia akan langsung bertolak menuju ke Bandara Vnukovo II di Moskow, Rusia menggunakan pesawat Garuda Indonesia GIA-1 sekitar pukul 09.00 waktu setempat.(dan)

Exit mobile version