Jokowi: Putin Jamin Keamanan Pasokan Pangan Ukraina

Istana Kremlin

Teks foto: Presiden Joko Widodo bersama Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, Kamis (30/06/2022). Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berdiskusi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin membahas masalah terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk, yang bisa berdampak kepada ratusan juta masyarakat dunia, terutama di negara berkembang.

“Saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan, bahwa memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina maupun Rusia. Ini sebuah berita baik,” kata Jokowi dalam laman resmi Setkab, Jumat (1/7/2022).

Jokowi menegaskan dukungan terhadap upaya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), mereintegrasi komoditas pangan Rusia dan Ukraina ke dalam rantai pasok global.

“Demi kemanusiaan, saya juga mendukung upaya PBB untuk reintegrasi komoditi pangan dan pupuk Rusia dan komoditi pangan Ukraina untuk masuk lagi dalam rantai pasok dunia,” ucap Jokowi.

“Khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut, tadi sekali lagi Presiden Putin sudah memberikan jaminannya,” tambahnya.

Presiden Joko Widodo bersama Presiden Rusia Vladimir Putin usai memberikan keterangan pers bersama di Istana Kremlin, Moskow, Kamis (30/6/2022). Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

Ia menambahkan, Indonesia tidak memiliki kepentingan apapun kecuali ingin melihat perang segera berakhir dan rantai pasok pangan, pupuk, dan energi dapat segera diperbaiki.

“Saya mengajak seluruh pemimpin dunia bekerja sama kembali menghidupkan semangat multilateralisme, semangat damai. dan semangat kerja sama. Hanya dengan spirit ini perdamaian dapat dicapai,” imbuhnya.

Jokowi telah bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di pintu masuk Istana pada Rabu (29/06/2022) sore sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

Rombongan Jokowi menempuh perjalanan dengan Kereta Luar Biasa (KLB) selama 11 jam, mereka tiba di Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, Kamis (30/06/2022) sekitar pukul 06.30 waktu setempat.

Dari stasiun Polandia akan langsung bertolak menuju ke Bandara Vnukovo II di Moskow, Rusia menggunakan pesawat Garuda Indonesia GIA-1 sekitar pukul 09.00 waktu setempat.(dan)

Exit mobile version