Kenang Sosok Tjahjo Kumolo, Jokowi: Tokoh Teladan dan Nasionalis Sejati

Takziah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana bertakziah ke rumah duka almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo. Foto: Twitter/@jokowi

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana bertakziah ke rumah duka almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, di kawasan Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (2/7/2022).

Jokowi dan rombongan terbatas baru saja menyelesaikan lawatan ke sejumlah negara di Eropa dan Timur Tengah. Kunjungan ke luar negeri itu dilakukan selama satu pekan sejak Minggu (26/6/2022)

“Tiba di Tanah Air pagi ini seusai kunjungan kerja ke Jerman, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab (PEA) selama sepekan, saya dan Ibu Negara langsung melayat ke rumah duka Bapak Tjahjo Kumolo yang kemarin berpulang ke Rahmatullah,” kata Jokowi dalam akun Twitter-nya @jokowi, Sabtu (2/7/2022).

Dalam unggahan melalui akun media sosialnya, Jokowi nampak mengenakan setelan jas berwarna hitam. Sementara Ibu Iriana mengenakan baju gamis berwarna fuschia, yang merupakan warna turunan merah keunguan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo telah meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, pada pukul 11.10 WIB, Jumat (1/7). Foto: Kementerian PANRB untuk INDOPOS.CO.ID

Ia mengenang sosok almarhum Tjahjo Kumolo merupakan pribadi sederhana, sikapnya patut diteladani karena penuh dengan integritas.

“Almarhum Pak Tjahjo adalah pribadi yang tenang dan sederhana. Seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati, yang penuh integritas dan setia mengabdikan dirinya untuk masyarakat, bangsa dan negara,” ujar Jokowi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, pada pukul 11.10 WIB, Jumat (1/7/2022).

Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini mengonfirmasi berita duka tersebut. Menteri Tjahjo menjalani perawatan intensif di RS tersebut sejak pertengahan Juni.

“Bapak Menteri telah dipanggil Allah SWT pada hari ini pukul 11.10 WIB. Kami mohon doa dari Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian, semoga beliau diterima di sisi-Nya,” ujar Rini di Jakarta.(dan)

Exit mobile version