Sakit Tenggorokan Gejala Baru Orang Terpapar Covid-19

Covid-19

Ilustrasi - Warga Inggris memakai masker untuk mencegah penyebaran Covid-19. Foto: news.sky.com

INDOPOS.CO.ID – Menurut data terbaru, sakit tenggorokan merupakan gejala utama yang menunjukkan seseorang telah terpapar Covid-19.

Menurut penelitian Zoe tentang Covid-19, gejala paling umum berikutnya adalah sakit kepala dan hidung tersumbat.

Pada awal pandemi, gejala seperti demam atau kehilangan penciuman dianggap sebagai salah satu tanda paling khas dari virus corona (Covid-19).

Namun, dalam perjalanan waktu gejala kehilangan penciuman adalah salah satu gejala yang paling sedikit dilaporkan.

Studi tersebut juga menyebutkan batuk, suara serak, bersin, kelelahan dan nyeri otot sebagai gejala umum.

Ilustrasi virus Corona. (Freepik)

Profesor Spector, salah satu pendiri ilmiah Zoe dan ilmuwan utama di Zoe Health Study, mengatakan virus itu masih merajalela.

“Sedemikian rupa sehingga jika Anda memiliki gejala seperti pilek saat ini, hampir dua kali lebih mungkin terkena Covid-19 daripada pilek,” katanya seperti dilansir Sky News, Jumat (15/7/2022).

“Karena ada berbagai varian COVID yang hidup berdampingan, seperti varian Omicron BA.2, BA.4 dan BA.5, bahkan orang dengan infeksi masa lalu atau yang telah divaksin dapat tertular,” kata Prof Spector.

Namun, dia menambahkan, berdasarkan hasil pengamatan terjadi sedikit penurunan jumlah dari hari ke hari.

Kematian terkait Covid-19 telah melampaui 200 ribu jiwa di Inggris, menurut Kantor Statistik Nasional (ONS).

Utusan Khusus Covid-19 pada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dr. David Nabarro, mengatakan virus itu terus berkembang dan menjadi terlalu pintar.

“Virus ini mampu terus berkembang dan berubah. Salah satu alasan mengapa di Inggris terjadi kenaikan kasus karena virus corona terus berubah dan menjadi terlalu pintar bagi kami. Itu bisa menembus pertahanan kekebalan kita, dan itulah mengapa jumlahnya meningkat,” kata Nabarro.

Adapun 20 gejala Covid yang dilaporkan dalam sepekan terakhir oleh 17.500 orang yang terkonfirmasi positif yakni sakit tenggorokan (58%); sakit kepala (49%); hidung tersumbat (40%); batuk tidak berdahak (40%); hidung meler (40%); batuk berdahak (37%); suara serak (35%);
bersin (32%); kelelahan (27%); sakit/nyeri otot (25%); pusing ringan (18%); kelenjar leher bengkak (15%); sakit mata (14%); perubahan bau (13%); nyeri dada dan sesak (13%); demam (13%); menggigil (12%); sesak napas (11%); sakit telinga (11%); dan kehilangan penciuman (10%). (dam)

Exit mobile version