Sejumlah Ajudan Ferdy Sambo Penuhi Panggilan Komnas HAM

ajudan-Irjen-Ferdy-Sambo

Sejumlah ajudan Irjen Ferdy Smabo mendatangi kantor Komnas HAM untuk diperiksa terkait penyelidikan insiden baku sesama anggota polisi. Foto: Dhika Alam Noor/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan menggunakan dua model pemeriksaan dalam meminta keterangan seluruh ajudan Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo, termasuk Bharada E.

Pemeriksaan itu merupakan rangkaian pendalaman kasus baku tembak sesama polisi yang melibatkan Brigadir J dengan Bhadara E di kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

“Ada dua model yang akan kami lakukan, memang pasti sendiri sendiri dan ada yang satu tempat bersama,” kata Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam, Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia merilis perkembangan terbaru terkait penyelidikan peristiwa baku tembak sesama polisi di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo yang telah dinonaktifkan. Foto: Komnas HAM

Melalui pemeriksaan tersebut menjadi salah satu pilar utama dalam konstruksi peristiwa dan bagaimana melihat peristiwa kematian Brigadir J.

“Jadi kami kepingin komprehensif, analisa-analisa yang berkembang di publik saat ini, kami kepingin tahu persis apa dan bagaimana peristiwa itu terjadi,” tutur Anam.

Dalam pengamatan di lapangan, sejumlah ajudan Irjen Ferdy Sambo sudah mendatangi kantor Komnas HAM di Jakarta Pusat. Mereka datang sekira pukul 09.56 WIB, didampingi tim humas.

Komnas HAM kemarin telah memeriksa Tim Forensik Kepolisian Indonesia (Polri), yang sempat mengotopsi jenazah Brigadir J alias Nofryansah Yosua Hutabarat. Termasuk mengecek jenazah sebelum dan sesudah diotopsi.

Polri telah menaikkan status kasus baku tembak sesama polisi di rumah dinas Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Inspektur Jenderal (Irjen) Ferdy Sambo ke tahap penyidikan.

Ada dua laporan yang dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan dalam kasus itu, yakni terkait pelecehan dan pengancaman terhadap istri Ferdy Sambo. (dan)

Exit mobile version