Ini 3 Kandidat Pj Gubernur DKI Jakarta Usulan DPRD

anies

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: tangkapan layar video Instagram/@aniesbaswedan

INDOPOS.CO.ID – DPRD DKI Jakarta menyerahkan usulan tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Adapun usulan tiga nama Pj Gubernur DKI Jakarta itu yakni, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekda DKI Marullah Matali, dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar. Sejumlah nama tersebut hasil kesepakatan semua fraksi di DPRD DKI Jakarta.

“Saya menyerahkan berkas, yang kemaren sudah saya bahas tiga nama itu hari ini sudah diterima, ini tanda terimanya,” kata Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi di Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Calon Penjabat Gubernur akan dibahas di tim penilai akhir (TPA) yang mencakup sembilan instansi. Presiden Jokowi (Joko Widodo) bakal memimpin langsung pembahasan calon Pj Gubernur.

“Diarahkan dan dirapatkan oleh sembilan instansi terkait membicarakan harus cek betul Pj ini apakah ada masalah atau apa. Baru diserahkan kepada pak presiden,” ujar Pras disapanya.

Penetapan tiga nama calon Pj gubernur DKI usulan DPRD dilakukan, lewat voting suara dari fraksi-fraksi partai yang ada di DPRD DKI Jakarta melalui rapat pimpinan gabungan (rapimgab) pada, Selasa (13/9/2022) kemarin.

Para anggota dewan sebelumnya mengumumkan masa pemberhentian Anies Baswedan sebagai gubernur DKI lewat Rapat Paripurna. Membahas pengumuman masa akhir Anies 30 hari sebelum masa tugas berakhir pada 16 Oktober 2022.

Sementara calon Pj Gubernur DKI yang diajukan ke Presiden Joko Widodo bakal berjumlah enam orang. Enam nama calon itu diusulkan dua pihak, tiga dari DPRD DKI Jakarta dan tiga dari Kemendagri. (dan)

Exit mobile version