Kasus Gagal Ginjal Akut Misterius Tidak Terkait Vaksin Maupun Virus Covid-19

ginjal

Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril. Foto: YouTube Kemenkes

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan, kasus gangguan ginjal akut misterius atau gangguan ginjal akut progresif atipikal (acute kidney injury/AKI) pada anak di Indonesia tidak berkaitan dengan vaksin maupun infeksi Covid-19.

“Dari hasil pemeriksaan tidak ada bukti hubungan kejadian AKI dengan vaksin Covid-19 maupun infeksi Covid-19,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril dalam jumpa pers secara virtual, Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Gagal ginjal akut diketahui menyerang anak dengan di rentang usia 6 bulan-18 tahun, namun paling banyak terjadi pada balita. Program vaksinasi Covid-19 sendiri baru mulai untuk usia 6 tahun sampai 11 tahun.

“Program vaksinasi Covid-19 belum menyasar pada anak usia 1 sampai 5 tahun,” jelas dr. Syahril.

Kemenkes menyampaikan, kasus gagal ginjal akut misterius atau gangguan ginjal akut progresif atipikal pada anak ada penambahan. Data terbaru dilaporkan telah tembus 200 kasus.

Ilustrasi organ tubuh ginjal. ( Freepik)

Kemenkes dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah menerima laporan peningkatan kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal pada anak sejak akhir Agustus 2022.

“Jumlah kasus (gagal ginjal akut misterius) yang dilaporkan hingga 18 Oktober, sebanyak 206 kasus dari 20 provinsi,” bebernya.

Berdasar catatan yang dikantonginya, angka kasus meninggal dunia akibat penyakit tersebut cukup banyak. Termasuk pasien yang dirawat Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.

“Tingkat kematian 99 kasus atau 48 persen. Di mana angka kematian pasien yang dirawat dari RSCM itu mencapai 65 persen,” imbuhnya.

Adapun gejala awal gagal ginjal akut misterius berupa infeksi saluran cerna dan gejala ISPA, gejala khas adalah jumlah air seni yang semakin berkurang bahkan tidak bisa BAK sama sekali. Pada kondisi seperti sudah fase lanjut dan harus segera dibawa ke Faskes seperti rumah sakit. (dan)

Exit mobile version