Di Balik Rombongan Eks Kapolri Turun Gunung Temui Listyo, DPR: Kapolri Harus Berani Benahi Semua Sektor di Polri

Di Balik Rombongan Eks Kapolri Turun Gunung Temui Listyo, DPR: Kapolri Harus Berani Benahi Semua Sektor di Polri - eks kapolri - www.indopos.co.id

Sebanyak tujuh eks Kapolri dan lima mantan petinggi Polri menemui Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada, Kamis (27/10/2022) kemarin di Mabes Polri. Foto/Humas Mabes Polri

INDOPOS.CO.ID – Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Santoso menyatakan, kunjungan sejumlah eks Kapolri ke Mabes Polri baru-baru ini merupakan bentuk dukungan untuk melakukan pembenahan di institusi Korps Bhayangkara. Maka dibutuhkan ketegasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mewujudkan hal itu.

“Harapannya adalah bahwa kunjungan itu merupakan bagian dari dukungan para mantan Kapolri kepada Kapolri, untuk berani melakukan perbaikan di tubuh Polri,” kata Santoso melalui gawai, Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Perubahan itu harus meliputi semua sektor di Polri, mulai perilaku, mentalitas anggota Polri, termasuk memberantas jaringan oknum-oknum yang menyalahgunakan jabatan yang melindungi para pelaku kejahatan.

“Sampai pada program di mana dalam melayani masyarakat, anggota Polri tidak dapat mengambil keuntungan dari pelayanan tersebut. Contohnya adalah Polri tidak boleh lagi melakukan tilang lalu lintas dengan cara manual,” tutur Santoso.

Ia menekankan, Polri harus berbenah dengan melakukan bersih-bersih, secara total dan manajemen SDM di Polri sudah mengetahui anggota yang baik dan anggota yang memanfaatkan jabatannya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto: Istimewa

“Kejadian yang dialami Polri berturut-turut dengan tragis ini mengindikasikan, bahwa Polri gagal dalam membina anggotanya sesuai dengan Tri Brata dan bagaimana bertindak sebagai Bhayangkari negara,” nilainya.

Ia meyakini, Kapolri Listyo Sigit memiliki niat mewujudkan reformasi di tubuh Polri. “Carut marut ini harus segera diperbaiki dan Kapolri punya modal, untuk itu para mantan Kapolri mendukung dengan penuh,” imbuhnya.

Sebanyak tujuh eks Kapolri dan lima mantan petinggi Polri menemui Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada, Kamis (27/10/2022) kemarin di Mabes Polri.

Adapun tujuh eks petinggi Polri itu ialah eks Kapolri yakni Jenderal Pol Drs. H. Bambang Hendarso Danuri, Jenderal Pol Drs. Roesmanhadi, Jenderal Pol Drs. Chaerudin Ismail, Jenderal Pol Prof Dr. Tan Sri Dai Bachtiar, Jenderal Pol Drs. Soetanto, Jenderal Pol Drs. Timur Pradopo; dan Jenderal Pol Drs. Badrodin Haiti.

Selain itu, petinggi Polri lainnya yaitu Komjen Pol Drs. Raden Makbul Padmanagara; Komjen Pol Drs. Togar M Sianipar; Irjen Pol Drs. Soenarko Danu Ardanto; Irjen Pol Drs. H. Suedi Husein dan Irjen Pol Dr. E. Winarto Hadiwasito.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan apresiasi kepada para eks Kapolri dalam kunjungan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (27/10/2022). Itu dinilainya merupakan dukungan moril.

“Terima kasih Pak atas dukungan moril kepada kami semua. Dan kami adik-adik bapak, sangat senang,” ucap Sigit dalam Instagram pribadinya @listyosigitprabowo, Jumat (28/10/2022). (dan)

Exit mobile version