Galang Aksi Solidaritas Dana Pandemi G20, Gugun Gumilar: Indonesia Serius Tangani Isu Global

Gugun-Gumilar

Pakar Geo Politik Internasional Gugun Gumilar. ( IG Gugun Gumilar)

INDOPOS.CO.ID – Pakar Geo Politik Internasional Gugun Gumilar mengatakan kepemimpinan presiden Joko Widodo di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 berdampak positif bagi Indonesia dan dunia.

“Sejauh yang saya amati rangkaian pelaksanaan G20 pada tanggal 15-16 November 2022 di Bali cukup sukses dan berhasil baik,” ujar Gugun Gumilar dalam keterangan, Kamis (17/11/2022).

Menurut Direktur Think Tank/ NGO IDE Indonesia ini, Presiden Jokowi dan Ketua Penyelenggara Menko Luhut B. Panjaitan sangat intens dalam kegiatan G20, sehingga mampu memberikan citra dampak positif dan konkret bagi kepentingan Indonesia.

Menurut dia, Presiden Jokowi memperlihatkan kepada dunia dan masyarakat Indonesia bahwa Indonesia serius mengenai solusi isu global terutama isu perdamaian dan lingkungan.

‘‘Kita patut apresiasi Presiden Jokowi menggalang aksi solidaritas global dalam program Pandemic Fund atau dana pandemi di tengah perhelatan G20 di Bali,” ungkapnya.

“Pandemic Fund ini sangat bermanfaat untuk percepatan penanganan pandemi di masa depan bagi negara-negara yang membutuhkan,” imbuhnya.

Logo Presidensi G20 Indonesia. (indonesia.go.id)

Mantan Duta Muda PBB ini, juga menilai Presiden Jokowi berhasil mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali Leaders Declaration. Dengan menyatukan harapan semua negara di dunia, mewujudkan pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19,” bebernya.

“Presiden juga mampu mewujudkan berbagai tantangan global terutama perdamaian dan mengakhiri perang di berbagai belahan dunia,” imbuhnya.

Keberhasilan tersebut, lanjut dia, sangat baik bagi Indonesia dalam percaturan internasional. Dan disepakati dan disahkannya Bali Leaders Declaration. “Ini prestasi dan sejarah bagi bangsa Indonesia,” ucapnya.(nas)

Exit mobile version