Jokowi Beri Sinyal Bakal Reshuffle Lagi

Jokowi Beri Sinyal Bakal Reshuffle Lagi - jokowi 5 - www.indopos.co.id

Presiden Joko Widodo saat memimpin Ratas di Istana Merdeka, beberapa waktu lalu. Foto: Dokumentasi Humas Setkab

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sinyal bakal kembali melakukan perombakan atau reshuffle kabinet di sisa masa jabatannya menjalankan pemerintahan. Namun, belum diungkap kepastian waktu pelaksanaanya.

Pernyataan tersebut seraya menanggapi hasil survei terbaru Charta Politika pada 8 sampai 16 Desember 2022, sebanyak 61,8 persen publik menyetujui jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle para menteri di Kabinet Indonesia Maju.

“Mungkin. Ya nanti,” ucap Jokowi dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden usai meresmikan Bendungan Ciawi dan Sukamahi, Bogor, Jumat (23/12/2022).

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengungkap, bahwa sebagian besar masyarakat merasa puas terhadap kinerja para menteri pada periode kedua.

“Tetapi saya pikir di sini ada gap (jarak) antara kepuasan publik yang ada di level 72,9 persen, kepuasan terhadap pemerintah dengan tingkat kepuasan publik ada di angka 60,5 persen terhadap menteri,” kata Yunarto dalam rilis survei lembaganya secara virtual, Kamis (22/12/2022).

Namun, sebagian masyarakat ada yang menyetujui jika ada perombakan kabinet. Kepercayaan terhadap presiden dan wakil presiden masih menjadi faktor yang punya peran.

Ilustrasi perombakan kabinet. Foto: Ist

“Ini yang menurut saya menjadi catatan dan tidak mengherankan kalau kemudian kita tanyakan, terkait dengan persetujuan tentang adanya reshuffle, walaupun kebanyakan responden kita menyatakan lebih banyak puas tapi mereka juga setuju ketika ditanyakan terkait rencana ada reshuffle ada angka 61,8 persen menyatakan setuju,” beber Yunarto.

Survei dilakukan pada 8-16 Desember 2022, melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Jumlah sampel sebanyak 1220 responden, yang tersebar di 34 Provinsi.

Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ± (2.83 persen) pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Jokowi telah melakukan perombakan (reshuffle) kabinet beberapa waktu lalu. Hal itu ditandai dengan pelantikan dua orang menteri dan tiga orang wakil menteri di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Adapun menteri yang dilantik di antaranya, Zulkifli Hasan menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lufti. Hadi Tjahjanto menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional menggantikan Sofyan Djalil.

Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional menggantikan Surya Tjandra. John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri dan Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan. (dan)

Exit mobile version