Tahun 2023 Jadi Ujian, Jokowi Inginkan Ekonomi Masih di Atas 5 Persen

Tahun 2023 Jadi Ujian, Jokowi Inginkan Ekonomi Masih di Atas 5 Persen - jokowi - www.indopos.co.id

Presiden Joko Widodo. Foto: Dokumen Setkab

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, tahun 2023 merupakan tahun ujian bagi perekonomian global maupun perekonomian nasional. Ia menekankan, semua pihak tetap hati-hati dan waspada.

“Kita semuanya harus optimistis, bahwa kita bisa menyelesaikan tantangan-tantangan yang ada dan bisa mengarungi 2023, tahun ujian, dengan ekonomi lebih baik,” kata Jokowi saat membuka Perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2023, di Gedung BEI, Jakarta, Senin (2/1/2023).

Ia mengaku, optimistis pertumbuhan Indonesia di tahun 2023 dapat mencatatkan angka di atas lima persen.

“Kalau tahun 2022 dipastikan sudah di atas 5 persen tapi kita harap di tahun 2023 juga masih di atas 5 persen,” ujar Jokowi.

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. Foto: dok INDOPOS.CO.ID

Pemerintah resmi mencabut kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang dilakukan pada akhir tahun 2023 mampu mendongrak pertumbuhan ekonomi nasional.

Pencabutan PPKM tersebut, diambil berdasarkan hasil kajian yang dilakukan pemerintah selama 10 bulan terakhir dan dengan memperhatikan capaian indikator pengendalian Covid-19.

“Angka BOR, positivity rate kita semuanya, di bawah, angka kematian, semuanya di bawah standar WHO,” ucap Jokowi.

“Sehingga, kemarin kita putuskan di akhir tahun PPKM dicabut. Dan, ini semoga bisa nanti mendorong, men-trigger ekonomi kita untuk tumbuh lebih baik dibanding tahun 2022,” tambahnya. (dan)

Exit mobile version