Survei Indikator Politik: Prabowo Subianto dan Ridwan Kamil Pasangan Ideal

Survei Indikator Politik: Prabowo Subianto dan Ridwan Kamil Pasangan Ideal - prabowo ridwan kamil - www.indopos.co.id

Prabowo Subianto dan Ridwan Kamil. Foto: Capture Instagram/@ridwankamil

INDOPOS.CO.ID – Lembaga survei Indikator Politik telah merilis hasil survei terkait calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dalam Pemilihan Presiden 2024 yang akan datang.

Mengutip hasil survei dengan tema “Dinamika Elektoral Capres dan Cawapres Pilihan Publik dalam Dua Surnas Terbaru” yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia, dilakukan simulasi Pilpres dengan dua putaran.

Dalam hasil survei tersebut, terlihat adanya pergeseran elektabilitas antara para calon presiden potensial. Prabowo Subianto mampu bangkit dan melampaui Anies Baswedan dalam popularitasnya.

Sementara itu, posisi teratas masih dikuasai oleh Ganjar Pranowo, meskipun elektabilitasnya cenderung stagnan. Data spesifik menunjukkan Ganjar memimpin dengan elektabilitas sebesar 36,8 persen, diikuti oleh Prabowo dengan 27 persen, dan Anies dengan 26,8 persen.

“Dalam simulasi dua nama, jika Ganjar tidak lolos pada putaran pertama Pilpres 2024, hasil survei menunjukkan bahwa jika hari ini diadakan pemilihan antara Anies dan Prabowo, Prabowo akan memenangkan kontestasi tersebut. Prabowo mendapatkan 45 persen suara, sedangkan Anies hanya memperoleh 37,4 persen suara,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam keterangan tertulis, Minggu (26/3/2023).

Prabowo Subianto dan Ridwan Kamil. Foto: Capture Instagram/@ridwankamil

Selain itu, simulasi lima nama untuk calon wakil presiden dalam hasil survei menunjukkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menduduki posisi teratas dengan perolehan suara sebesar 22 persen, disusul oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dengan perolehan suara sebesar 17,6 persen, sedangkan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono berada di posisi ketiga dengan perolehan suara sebesar 17,2 persen, serta Menteri Pariwisata Sandiaga Uno berada di posisi keempat dengan perolehan suara sebesar 16,3 persen.

Indikator Politik Indonesia telah melakukan survei sebanyak dua kali pada periode waktu 9-16 Februari 2023 dan 12-18 Maret 2023 dengan menerapkan metode multistage random sampling dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (fer)

Exit mobile version