Trafik Kendaraan Arus Balik Meningkat, Lalu Lintas Masih Terkendali

Trafik Kendaraan Arus Balik Meningkat, Lalu Lintas Masih Terkendali - Gerbang Tol Cikunir 6 - www.indopos.co.id

Situasi arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikunir 6 terpantau ramai lancar. Foto: Twitter/@TMCPoldaMetroJaya

INDOPOS.CO.ID – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya mengemukakan, rata-rata per jam kendaraan yang masuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada arus mudik H+3 Lebaran 2023 di atas 3 ribu kendaraan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar (Kombes) Pol Latif Usman mengatakan, jumlah tersebut berdasar pantauan dari Gerbang Tol Kalikangkung sejak pukul 11.00-20.00 WIB pada, Selasa (25/4/2022).

“Rata-rata perjam masuk itu adalah 3 ribu ke atas. Kalau kemarin 3 ribu ke bawah masih, sekarang sudah 3 ribu ke atas,” kata Latif di Pos Pengamanan KM 10 Cikunir Jalan Tol Cikampek.

Meski ada peningkatan jumlah kendaraan, namun lalu lintas masih lancar. Sementara skema pengaturan yang diterapkan yaitu, sistem lawan arus (contraflow) sampai KM 36. Serta one way mulai Kalikangkung.

“Pola masih sama. Ada peningkatan, tetapi Alhamdulillah berkat kerja sama pemudik juga, sehingga betul-betul arus lalu lintas dari Jawa Tengah sampai dengan Jaya (Jakarta Raya) kita kendalikan,” tutur Latif.

Ilustrasi – Suasana arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Foto : Jasa Marga

Ia mengharapkan, rekayasa lalu lintas tersebut tidak ada penumpukan dari Jawa Tengah dan Jawa Barat.

“Jadi mudah-mudahan pergerakan sampai Jakarta, Insya Allah bisa kita kendalikan. Sehingga lancar tidak ada penumpukan baik di pintu pembayaran maupun ‘off ramp’ (pintu keluar tol) yang ada di Jakarta ini,” ucapnya.

Adapun puncak arus balik Lebaran 2023 diprediksi terjadi mulai kemarin lusa dan semalam atau Senin-Selasa, 24-25 April 2023 dan Minggu, 30 April-1 Mei 2023. (dan)

Exit mobile version