Analis Politik: Tak Ada Efek Kejut di Luar Nama Capres Ganjar, Prabowo, Anies

Analis Politik: Tak Ada Efek Kejut di Luar Nama Capres Ganjar, Prabowo, Anies - prabowo ganjar anies - www.indopos.co.id

Bacapres 2024: Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Foto: Capture Instagram

INDOPOS.CO.ID – Analis Politik Pangi Syarwi Chaniago menduga pemilu 2024 adalah kontestasi elektoral paling sengit. Karena, perbedaan elektoral capres naik-turun seperti roller coaster dan saling salip menyalip.

“Baru kali ini trendnya begitu kompetitif dan sangat dinamis. sehingga jumlah poros koalisi dan peran cawapres menjadi sangat krusial,” kata Pangi Syarwi Chaniago kepada INDOPOS.CO.ID, Selasa (30/5/2023).

“Apalagi top 3 capres tidak ada yang mencapai angka psikologis 60 persen,” imbuhnya.

CEO & Founder Voxpol Center Research and Consulting ini memprediksi nama capres tetap hanya akan beredar pada 3 nama saja, yakni Ganjar, Anies dan Prabowo. “Saya pikir tidak bakal ada efek kejutan, sulit akan ada daya kejut pada bursa capres di luar 3 (tiga) nama di atas,” ungkapnya.

Ilustrasi kotak suara pemilihan umum (Pemilu). Foto: Dokumen KPU

Namun, lanjut dia, untuk nama-nama cawapres bukan mustahil akan ada daya kejut. Bursa cawapres yang selama ini tidak pernah menjadi pergunjingan dan bising di media justru nanti akan muncul di menit-menit terakhir, saat pasangan capres-cawapres diumumkan dan didaftarkan ke KPU RI.

“Dinamika politik yang semakin dinamis, bagi sebagian kalangan adalah peluang, harapan dan kesempatan untuk kembali masuk ke dalam lingkaran kekuasaan terutama barisan dan kelompok yang selama ini berada di luar kekuasaan,” ujarnya.

“Namun di sisi lain situasi ini adalah ancaman yang sangat serius bagi pemerintah dan barisan koalisinya yang berpotensi akan tersingkir jika tidak cermat dalam melakukan kalkulasi politik,” imbuhnya. (nas)

Exit mobile version