Cawapres Ganjar Inisial “M”, Pengamat: Namanya Mahfud MD Guna Raih Suara NU

md

Foto Megawati - Mahfud MD. (foto : ist)

INDOPOS.CO.ID – PDIP sudah menyatakan akan mengumumkan nama Cawapres Ganjar Pranowo akan diumumkan besok, Rabu (18/10/2023).

Meski begitu, siapa sosok tersebut sudah mulai terkuak. Wakil Ketua Umum (Waketum) Hanura Benny Rhamdani sempat menyebutkan inisial sosok tersebut.

“Inisialnya M,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (17/10/2023).

Namun saat didesak untuk menyebutkan lebih rinci, Benny kembali menyebut beberapa nama yang berinisial M.

“M itu kan bisa Mas Mahfud, bisa Mas Gibran, Mas Erick Thohir, Mas Andika Perkasa, Mbak Khofifah,” sambungnya sambil tersenyum.

Namun menurut Pengamat Politik Dr Sholeh Basyari, kemungkinan besar yang akan diumumkan adalah Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD.

“Inisial M adalah Mahfud MD. Semua tanda-tanda sudah mengarah. Beliau beberapa waktu terakhir memang santer disebut, bahkan telah bertemu langsung dengan Ibu Mega,” kata Sholeh kepada indopos.co.id.

Direktur Eksekutif Center for Strategic Islamic and International Studies (CSIIS) tersebut, menilai Mahfud MD adalah pilihan yang tepat bagi Ganjar dan PDIP.

Karena kuatnya unsur NU yang dibawa Mahfud, bisa menjadi penambah ceruk suara bagi Ganjar.

Ilustrasi kotak suara Pemilu. Foto: Ist

“Mahfud adalah NU, itu tidak bisa dibantah. Dan Pak Mahfud adalah murid langsung Gus Dur juga tidak terbantahkan. Nahdliyin mengetahui itu semua, tanpa perlu mensosialisasikan lagi. Pilihan yang sangat tepat bagi Ganjar dan PDIP, yang sedang berusaha meramu kekuatan nasionalis dan relijius,” sambung Sholeh.

Selain memiliki pertalian yang kuat dengan NU, Mahfud juga memiliki nilai tambah dengan elektabilitas yang tinggi dan cukup stabil.

“Karakter yang kuat dan tetap terjaga sejak menjadi Ketua MK, menjadi ciri khas Pak Mahfud. Tegas dan selalu tegak lurus dengan hukum dan undang-undang. Itu semua berbuah dengan elektabilitas yang cukup tinggi serta stabil,” imbuh pengajar di berbagai perguruan tinggi tersebut.

Seperti diketahui, PDIP akan mengumumkan cawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo pada Hari Rabu besok.

Undangan juga sudah disebar kepada para wartawan, untuk hadir di DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat pada Pukul 10.00 WIB.

Sementara, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto tak mengungkap secara gamblang nama cawapres pendamping Ganjar Pranowo. Termasuk inisialnya yang hanya disebut sosoknya bisa membawa kesejahteraan bagi Indonesia.

“Inisialnya Indonesia Raya. Jadi untuk Indonesia Raya, untuk rakyat Indonesia untuk kemajuan bersama,” kata Hasto.

“Besok, pada Rabu, 18 Oktober 2023 pada pukul 10.00 (WIB) akan diumumkan calon wakil presiden yang akan mendampingi Pak Ganjar Pranowo,” ucap Hasto secara terpisah.

Proses pengumuman nama cawapres itu diharapkan dapat berjalan lancar. “Jadi mohon doa restunya,” harap Hasto. (dil)

Exit mobile version