Debat Kedua Pilpres 2024 Disebut Paling Dinantikan Kawula Muda

paslon

Tiga paslon berlaga dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024. (Instagram/@kpu_ri)

INDOPOS.CO.ID – Para calon wakil presiden (cawapres) yang akan beradu gagasan dan visi misi terkait isu ekonomi. Agenda debat kedua Pilpres 2024 bakal digelar di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Pada debat tersebut, diyakini waktu yang ditunggu-tunggu masyarakat, khususnya, anak muda. Sebab, ada salah satu kandidat menjadi representasi kawula muda.

“Generasi milenial pasti sangat tertarik dengan debat cawapres, karena baru kali ini ada perwakilan mereka dalam agenda nasional Pilpres 2024,” kata Koordinator Nasional TIM 8-Relawan Jokowi Bergerak Bersama Prabowo (RJBPP) Wignyo Prasetyo dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Menurutnya, sosok cawapres dari generasi muda mampu mengimbangi peserta debat lainnya. Bahkan penampilannya akan lebih menarik.

“Dalam debat nanti (Gibran) lebih natural. Kita tahu Muhaimin dan Mahfud MD, memiliki background sebagai seorang politisi,” ucapnya.

Tidak ada perbedaan dari segi durasi maupun format debat. Hanya saja dalam agenda debat kedua Pilpres 2024 bakal disediakan podium setelah menerima usulan dari timses masing-masing calon presiden dan calon wakil presiden.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan, penambahan podium di arena debat telah disepakati bersama antar-seluruh timses pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

Ilustrasi kotak suara pemilu. Foto: Dokumen Website KPU RI

“Di dalam debat nanti kedua dan seterusnya masing-masing sampai kelima, itu disiapkan podium sederhana sebagai sarana untuk tampil,” kata Hasyim secara terpisah di Jakarta dikutip, Selasa (19/12/2023).

Ada enam segmen, dibuka dengan pemaparan visi misi paslon. “Dari segi durasi waktu, itu sudah sesuai dengan yang dibicarakan awal. Saya kira itu, dan kemudian durasi waktu debat juga masih sama persis, 150 menit,” beber Hasyim.

Pada segmen kedua dan ketiga, para cawapres akan menjawab pertanyaan yang sudah diajukan oleh tim panelis. Sementara pada segmen keempat dan kelima, para cawapres mendapat kesempatan mengajukan pertanyaan satu sama lain.

“Kemudian yang segmen terakhir segmen keenam, nanti clossing statement atau pernyataan terakhir sebagai kesimpulan dari masing-masing calon wakil presiden,” imbuhnya.

Tema debat cawapres ialah membahasa topik seputar ekonomi (ekonomi kerakyatan, ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan perkotaan. (dan)

Exit mobile version