Eks Gubernur Papua Lukas Enembe Meninggal Dunia di RSPAD

lukas

Gubernur Papua periode 2013-2023 Lukas Enembe. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Gubernur Papua periode 2013-2023 Lukas Enembe meninggal dunia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Selasa (26/12/2023).

Tim Kuasa Hukum Lukas Enembe, Petrus Bala Pattyona mengonfirmasi kabar duka tersebut. Dia meninggal dunia di usianya ke-56 tahun.

“Betul (meninggal dunia), tadi jam 11.00 (WIB) di RSPAD,” kata Petrus saat dikonfirmasi wartawan, Jakarta, Selasa (26/12/2023).

Lukas Enembe menempati ruangan VIP Kartika II RSPAD, pihaknya saat ini tengah mengurus administrasi untuk dibawa ke rumah duka.

“Kami menunggu dipindahkan ke rumah duka RSPAD,” ujar Petrus.

Lukas Enembe telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Provinsi Papua. Bahkan telah ditahan sejak awal tahun 2023 di Rumah Tahanan (Rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Polisi Militer Daerah Militer Jayakarta (Pomdam Jaya), namun mengeluhkan sakit.

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) telah memvonis Lukas dengan hukuman 8 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 4 bulan kurungan. Juga dibebani kewajiban membayar uang pengganti sebanyak Rp19,6 miliar. (dan)

Exit mobile version