Sesalkan Gimmick di Debat Cawapres, Hasto: Gibran Dapat Sentimen Negatif Paling Besar

Gibran-Rakabuming-Raka-debat

Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam Debat Cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). Foto: Tangkapan layar Youtube

INDOPOS.CO.ID – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-Perjuangan) Hasto Kristiyanto menyesalkan, aksi gimmick calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat debat keempat pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Gaya meneropong seakan mencari jawaban dianggap tidak patut.

Gibran melakukan gimmick, mencari-cari jawaban cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat menanyakan soal cara mengatasi greenflation atau inflasi hijau. Debat kedua cawapres itu dihelat di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

“Ya, itu suatu hal yang sebetulnya tidak perlu. Maka ini pengaruh pak Prabowo yang emosional ya kan ternyata masuk di dalam diri mas Gibran,” kata Hasto di Jakarta, seperti dikutip, Senin (22/1/2024).

Berdasar data yang dikantonginya menunjukan, respons terhadap penampilan gimmick Gibran dalam arena debat berdampak buruk.

“Ya, saya rasa tidak perlu dan inilah yang menyebabkan dari monitoring data kami, sentimen negatif terhadap mas Gibran itu paling besar di dalam debat ini,” tutur Hasto.

Cawapres nomor urut 2 Gibran menanyakan soal cara mengatasi greenflation atau inflasi hijau ke cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. Semula tak dijelaskan poin pertanyaan tersebut, karena menganggap lawan debatnya telah mumpuni.

“Baik, tunggu. ini tadi tidak saya jelaskan karena kan beliau kan seorang profesor. Oke, greenflation ini adalah inflasi hijau. Sesimpel itu,” ucap Gibran dalam debat di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/1/2024).

Mahfud MD menjelaskan soal ekonomi sirkular. Dengan mencontohkan, soal masyarakat Madura menjadi pelopor dari pemanfaatan ekonomi hijau. Serta didukung implementasi suatu kebijakan.

“Di sini kan harus ada data kecenderungannya di sini, begini, kebijakannya harus begini. Kecenderungannya harus begini, kebijakannya harus begini. Itulah yang kita pahami tentang ekonomi hijau, inflasi hijau,” jelas Mahfud.

Seolah tak puas dengan jawaban Mahfud MD, Gibran melakukan gestur meneropong untuk mencari jawaban dari pertanyaanya.

“Saya tanya masalah inflasi hijau kok malah menjelaskan ekonomi hijau. Prof Mahfud yang namanya greenflation atau inflasi hijau itu kita kasih contoh yang simpel aja, demo rompi kuning di Prancis bahaya sekali, sudah memakan korban,” celetuk Gibran. (dan)

Exit mobile version