Mahfud MD Tak Ingin “Tinggal Glanggang Colong Playu,” Ingatkan Etika

mahfud

Calon Wakil Presiden nomor 3 Mahfud MD mengumumkan pengunduran diri dari kabinet saat kampanye di Lampung. (YouTube Mahfud MD Official)

INDOPOS.CO.ID – Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Mahfud MD memastikan, bakal mundur dari jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) secara beradab. Itu disampaikannya saat kampanye di Lampung, Rabu (31/1/2024).

Mengingat ia diangkat sebagai menteri dalam kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dengan penuh rasa percaya. Karenanya, tak ingin mengundurkan diri dengan sikap yang tak sopan.

“Kami harus bersikap tidak boleh “tinggal glanggang colong playu,” karena itu tadi etika,” kata Mahfud MD di Danau Tirta Gangga, Lampung Tengah, Lampung, Rabu (31/1/2024).

Ia menegaskan, etika merupakan nilai tertinggi yang harus dipegang. Mengatur segala aspek kehidupan masyatakat, termasuk dalam bernegera.

“Etika itu adalah ekspresi dari moral, etika itu ekspresi dari kejujuran. Etika itu ekspresi dari penghayatan keagamaan dan kesantunan budaya,” ucap Mahfud MD.

Ia berencana menyampaikan, surat pengunduran diri tersebut kepada Presiden Jokowi pada, Kamis (1/2/2024) besok di Istana Negara, Jakarta.

“Makanya saya tidak akan mengatakan apa-apa sebelum bertemu Presiden. Saya hanya akan menyampaikan surat singat saja. Saya akan pamit penuh kehormatan,” tegasnya.

Ia dan Calon Presiden Ganjar Pranowo telah bersepakat untuk mundur dari kabinet Indonesia Maju. Keputusan tersebut telah dibahas bersama seluruh partai pendukung dalam Pilpres 2024.

“Hari ini, saya sudah membawa surat untuk Presiden. Untuk disampaikan ke presiden tentang masa depan politik saya yang belakangan menjadi perbincangan publik,” imbuhnya.

Keputusannya mundur tentu berkaitan dengan dirinya yang maju dalam kontestasi Pilpres 2024. (dan)

Exit mobile version