Ma’ruf Amin Angkat Bicara soal Program Makan Siang Gratis Pakai Dana BOS

Ma'ruf Amin Angkat Bicara soal Program Makan Siang Gratis Pakai Dana BOS - makan siang susu gratis - www.indopos.co.id

Program makan siang dan susu gratis dari pasangan Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran). (Dok TKN Prabowo-Gibran)

INDOPOS.CO.ID – Program makan siang gratis digagas pasangan calon presiden dan wakil presiden (caprs-cawapres) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi sorotan banyak pihak. Sebab, muncul wacana pendanaanya menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyatakan, hal tersebut hanya sebatas isu yang mencuat. Lantaran, pemerintah sendiri belum menetapkan alokasi anggaran apa pun untuk kebutuhan tahun 2025.

“Itu saya kira wacana yang mungkin muncul saja, bukan dari keputusan pemerintah yang sudah menetapkan ini,” kata Ma’ruf Amin dalam keterangannya, seperti dikutip, Jumat (8/3/2024).

Ia tak menampik, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang telah memberikan arahan, agar penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025 mengakomodir kebutuhan pemerintahan baru. Hanya saja, tak merumuskan program tertentu.

“Kan anggaran 2025 itu yang menggunakan pemerintah yang akan datang. Meskipun periode tahun tersebut adalah pemerintahan yang baru, namun penetapannya oleh pemerintah yang sekarang,” ucap Ma’ruf.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Foto: BPMI Setwapres

Pembahasan RAPBN 2025 itu dipastikannya belum sampai ke tahap pengalokasian anggaran program per program secara mendetail, apalagi secara khusus menetapkan pembiayaan makan siang gratis dari dana BOS.

“Belum spesifik masuk seperti makan siang atau apa. Itu belum, apalagi sampai pada dananya dari mana, itu belum,” jelas Ma’ruf.

“Istilahnya bahwa perlu diantisipasi secara umum saja. Jadi, saya kira belum ada hal-hal yang pasti seperti itu,” sambung mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sekaligus Ketua Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menyatakan, pihaknya telah mengusulkan pola pembiayaan program makan siang gratis, bakal bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah.

“Kami mengusulkan, pola pendanaannya melalui Bantuan Operasional Sekolah spesifik atau BOS Spesifik atau BOS Afirmasi untuk khusus menyediakan makan siang untuk siswa,” ucap Airlangga, secara terpisah saat melakukan simulasi program makan siang gratis di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Kamis (29/2/2024). (dan)

Exit mobile version