Menko Polhukam Klaim Situasi Nasional Terkendali Jelang Pengumuman Hasil Pemilu

hadi

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto. (Dok Setkab)

INDOPOS.CO.ID – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengklaim, situasi pasca-pencoblosan dan menjelang pengumuman hasil Pemilu 2024 cukup stabil. Itu berdasar pemantauan rapat koordinasi bersama kementerian terkait pada, Jumat (15/3/2024).

Rapat itu diikut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung ST Burhanuddin. Serta Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Kepala BIN Budi Gunawan dan Kabaintelkam Komjen Suntana.

“Sesuai dengan informasi dan dari hasil pembahasan rapat koordinasi. secara umum situasi dan kondisi nasional masih relatif kondusif dan aman terkendali,” kata Hadi Tjahjanto di Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Pemerintah terus memantau perkembangan situasi mengawal, serta memastikan setiap tahapannya berjalan aman, damai dan berkualitas. “Karena keberhasilan penyelenggaraan adalah keberhasilan kita semua,” jelasnya.

Ilustrasi surat suara. Foto :ist

Saat ini, tahapan Pemilu 2024 masih berjalan dan pemerintah terus memantau rekapitulasi suara maupun penempatan hasil perhitungan suara pemilu oleh KPU.

“Kita bersama sama hendaknya mengamankan, proses demokrasi yang sedang berjalan ini dan ikut juga menjaga stabilitas politik hukum,” ucap Hadi.

“Keamanan, agar tetap kondusif dan terbukti harmoni dalam kehidupan berbangsa dan negara yang semakin kokoh dan kuat,” tambahnya. Pengumunan hasil Pemilu 2024 dilakukan pada 20 Maret.

Di sisi lain, Kemenko Polhukam bakal memetakan kondisi di lapngan untuk mendeteksi terjadi situasi yang tak terduga. “Kita terus merumuskan langkah langkah, guna mengantisipasi potensi permasalahan dan kerawanan yang mungkin terjadi,” imbuhnya.

Aksi unjuk rasa telah banyak dilakukan sejumlah elemen masyarakat sejak pencoblosan Pemilu 2024 berakhir. Seperti demo di depan Gedung DPR/MPR maupun kantor KPU. Sebagian besar menyuarakan aspirasinya soal menolak kecurangan Pemilu 2024. (dan)

Exit mobile version