DPR Minta Kejagung Bongkar Keterlibatan Penyelenggara Negara di Kasus Timah

moeis

Tersangka Kasus Timah, Harvey Moeis yang juga suami Sandra Dewi dan Helena Lim. (Foto : ist)

INDOPOS.CO.ID – Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman menyoroti pengungkapan kasus korupsi timah yang dinilai belum memuaskan. Pasalnya, hingga saat ini baru dari pihak swasta saja yang menjadi tersangka.

Menurutnya, ditangkapnya dua sosok populer yang dianggap sebagai crazy rich, Harvey Moeis yang juga suami Sandra Dewi dan Helena Lim yang dikenal sebagai crazy rich PIK oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) hanya bentuk kehebohan semata dari kasus yang telah merugikan negara sebesar Rp 271 triliun ini.

“Saya pikir pengungkapan kasus ini (korupsi timah) jangan yang heboh-hebohnya saja. Ada suaminya artis, ada selebgram. Bukan itu yang penting, tapi model tipikal struktur tipikornya seperti apa, kan publik bingung,” kata Habiburokhman dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (5/4/2024).

Tersangka kasus korupsi PT. TIMAH Harvey Moeis saat digelandang ke mobil tahanan Kejaksaan Agung. Foto: Puspenkum/Istimewa.

Politisi Gerindra ini menjelaskan, korupsi terhadap sumber daya alam harusnya diungkap dengan tuntas model struktur anatomi kasusnya. Karena, kata Habiburokhman, pelakunya gak mungkin hanya melibatkan pihak-pihak swasta.

“Pasti ada juga penyelenggara negara yang terlibat dan itu harus dibongkar tuntas oleh Kejaksaan. Kita percayakanlah ke kejaksaan (Kejaksaan Agung) supaya yang salah ya memang dihukum,” cetusnya.

“Tapi juga jangan digeneralisir yang tidak bersalah apalagi dari swasta gak ada kaitannya dikait-kaitkan,” pungkasnya menambahkan. (dil)

Exit mobile version