Perkuat Manajemen Arus Balik, Pemerintah Terapkan WFH dan WFO bagi ASN Pekan Depan

Perkuat Manajemen Arus Balik, Pemerintah Terapkan WFH dan WFO bagi ASN Pekan Depan - asn - www.indopos.co.id

Ilustrasi ASN tengah mengikuti upacara di hari kerja. (Dok. Setkab)

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah memutuskan menerapkan kebijakan kombinasi tugas kedinasan dari kantor (work from office/WFO) dan tugas kedinasan dari rumah (work from home/WFH) bagi aparatur sipil negara (ASN) pada Selasa-Rabu, 16 dan 17 April 2024. Hal itu untuk memperkuat manajemen arus balik Lebaran Idulfitri 2024.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, pengaturan WFH dan WFO diterapkan secara ketat dengan tetap mengutamakan kinerja organisasi dan kualitas pelayanan publik.

“Untuk instansi yang berkaitan dengan pelayanan publik secara langsung, WFO tetap diterapkan optimal sebesar 100 persen,” kata Anas dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu (13/4/2024).

Sementara instansi pemerintah yang berkaitan dengan administrasi pemerintahan dan layanan dukungan pimpinan, WFH bisa dijalankan maksimal/paling banyak 50 persen dari jumlah pegawai.

“Teknisnya (WFH) diatur instansi pemerintah masing-masing,” jelas Anas.

Aturan itu tertuang dalam Surat Edaran Menpan RB Nomor 1 Tahun 2024 yang ditujukan kepada pejabat pembina kepegawaian di seluruh instansi pemerintah.

Ia telah berkoordinasi dengan Polri dan Kementerian Perhubungan, terkait kebijakan pengaturan WFH dan WFO tersebut.

“Terima kasih atas masukan dari Polri dan Kementerian Perhubungan,” tuturnya.

Ia mengimbau, agar seluruh instansi pemerintah melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap pemenuhan dan pencapaian sasaran dan target kinerja organisasi.

“Jangan sampai libur Lebaran mengganggu, target kinerja dan kualitas pelayanan,” imbuh Anas. (dan)

Exit mobile version