Timnas Indonesia U-23 Kalah 0-2 dari Qatar, Pengamat: Kinerja Wasit Buruk

Piala-Asia-U23

Tim nasional (timnas) Indonesia U-23 melawan timnas Qatar dalam laga pertama Grup A Piala Asia U23 di Stadion Jassim Bin Hamad, Senin (15/4/2024). Timnas Indonesia U-23 kalah 0-2 dari Qatar dalam laga tersebut. Foto: PSSI

INDOPOS.CO.ID – Pengamat Sepakbola Akmal Marhali menegaskan, kekalahan Tim Nasional (Timnas) Indonesia dari Qatar tak lepas dari kinerja wasit asal Tajikistan Nasrullo Kabirov yang kurang profesional. Wasit, menurutnya berpihak kepada tuan rumah.

“Kinerja wasit sangat buruk, dan berpihak ke tim Qatar,” ujar Akmal melalui gawai, Selasa (16/4/2024).

Ia mengatakan, ketidakprofesionalan wasit nampak saat memutus pelanggaran Rizki Ridho di kotak pinalti. Hal itu dilakukan wasit setelah melihat tayangan ulang Asisten Wasit Video (Video Assistant Referee/VAR).

“Ini jelas wasit tidak profesional. Kan sebelumnya dia tidak meniup peluit saat tangan Rizky Ridho dinyatakan pelanggaran, sebelum melihat tayangan ulang VAR,” ungkap Akmal.

Menurut dia, kinerja wasit semakin memburuk. Hal itu nampak pada 2 kartu merah yang dihadiahkan kepada pemain Timnas Indonesia U-23 di babak kedua.

“Padahal di tayangan VAR nampak Ivar Jenner melompati kaki pemain Qatar. Aksi pemain Qatar yang berlebihan ini yang menyebabkan keputusan wasit berlebihan,” ujar Akmal.

“Seharusnya untuk keputusan penting seperti kartu merah, wasit harus melihat tayangan ulang,” imbuhnya.

Timnas Indonesia U-23 kalah 0-2 dari Qatar pada Senin (15/4/2024) malam. Dalam laga pertama Grup A Piala Asia U23 yang berlangsung di Stadion Jassim Bin Hamad, Qatar, Timnas Indonesia U-23 juga menerima hadiah 2 kartu merah. (nas)

Exit mobile version