Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23, Jokowi: Prestasi Luar Biasa dan Bersejarah

Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23, Jokowi: Prestasi Luar Biasa dan Bersejarah - timnas 6 - www.indopos.co.id

Timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan dalam perempatfinal AFC U-23, Korea Selatan vs Indonesia, di stadion di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium, Qatar, Jumat dinihari WIB, 26 April 2024. (Dok PSSI)

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku bangga dengan Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024, setelah menyingkirkan Korea Selatan U-23 pada perempat final di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

“Prestasi luar biasa dari Tim Nasional (Timnas) sepakbola U-23 Indonesia setelah mengalahkan Korea Selatan di perempat final Piala Asia AFC U-23,” kata Jokowi dalam akun Instagram miliknya @jokowi, Jumat (26/4/2024).

Garuda Muda menorehkan catatan positif, karena mampu tembus hingga semifinal dalam konpetisi 2 tahunan yang diselenggarakan Konfederasi Sepak Bola Asia itu. Tentu hal tersebut patut diapresiasi.

“Pertama kalinya Indonesia berhasil mencapai babak semifinal di kompetisi ini, sangat bersejarah!,” ujar Jokowi.

Sehingga Indonesia lebih dekat dengan targetnya, yakni meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024. Bagi tim yang juara, runner-up, dan peringkat tiga Piala Asia U-23 mendapatkan tiket otomatis ke Olimpiade.

Sedangkan bagi tim peringkat empat akan bertanding dengan wakil dari Afrika, Guinea. Ia berpesan, pasukan Shin Tae-yong dapat melajutkan tren positifnya hingga berakhirnya kompetisi.

“Selamat kepada Timnas Garuda Muda! Semoga dalam babak semifinal, Indonesia dapat memanfaatkan peluang sebaik-baiknya dan meraih tiket menuju Olimpiade Paris 2024. Teruslah bersemangat, Timnas Indonesia!,” imbuh Jokowi.

Timnas Indonesia bermain sama kuat hingga 120 menit. Skor 2-2 tidak berubah sampai dua kali babak tambahan. Rafael William Struick mencetak dua gol dalam pertandingan tersebut.

Pemenang pun harus ditentukan lewat adu penalti. Indonesia menunjukkan mental yang lebih baik. Garuda Muda menang 11-10 atas Taeguk Warriors dan memastikan tempat di semifinal, sekaligus membuka peluang lolos ke Olimpiade Paris 2024. (dan)

Exit mobile version