Peran Penting Bek Tangguh Antarkan Garuda Muda ke Semifinal Piala Asia U-23

Peran Penting Bek Tangguh Antarkan Garuda Muda ke Semifinal Piala Asia U-23 - rizky ridho ip1 - www.indopos.co.id

Kapten tim U-23 Indonesia, Rizky Ridho. (Dok PSSI)

INDOPOS.CO.ID – Di balik kesuksesan timnas Indonesia U-23 melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23, ada peran sangat penting dari para pemain bertahan yang kokoh menjadi benteng skuat Garuda muda dan disiplin menahan gempuran serangan dari segala arah.

Mereka adalah di antaranya sang kapten Garuda Muda Rizky Ridho. Selain itu Justin Hubner, Muhammad Ferrari maupun Komang Teguh. Rizky menjadi pemain tidak pernah terganti sejak melakoni laga penyisihan grup Piala Asia U-23.

Pelatih Shin Tae-yong memasang formasi berbeda-beda setiap laganya. Misalnya melawan timnas Qatar U-23, menerapkan 5-4-1 pada 15 April 2024. Sementara ketika melawan timnas Australia U-23 memakai formasi 3-4-3, susunan pemain serupa diterapkan saat menghadapi timnas Korea Selatan.

Rizky Ridho selalu dipercaya masuk starting line-up dalam setiap laga tersebut. Penampilannya cukup baik, tanpa ragu mematahkan serangan lawan. Terkadang membantu menyerang dan memberikan umpan untuk mencetak gol.

Ia pernah memberikan, umpan matang kepada Witan Sulaeman saat menghadapi timnas Yordania U-23 pada laga penyisihan grup A, Minggu (21/4/2024). Skor akhir Indonesia menang 4-1 atas timnas berjuluk The Chivalrous.

Perjalanannya di babak grup dinilainya tak begitu menyenangkan, apalagi terkait laga pertama melawan tim tuan rumah. Lantaran diduga ada keberpihakan wasit yang menguntungkan tim lawan.

“Pertama lawan Qatar kita sedikit kecewa, bahkan sampai saat ini. Karena kita tahu sendiri, harusnya kita menang melawan mereka, tapi hasil berkata lain,” kata Rizky dalam keterangan PSSI dikutip, Jumat (26/4/2024).

“Kita bisa lihat sendiri wasit seperti itu,” tambahnya. Indonesia tentu tak mau merapati kekalahan melawan Qatar, mereka bangkit pada pertandingan kedua melawan timnas Australia. Dengan skor akhir 1-0.

“Kemudian kita move on melawan Australia, Alhamdulillah kita bermain dengan baik dan mendapatkan tiga poin, tentunya itu akan memberikan semangat tersendiri buat kita fokus untuk melaju ke babak selanjutnya,” ucap pemain Persija Jakarta itu.

Tren positif permainan Rizky Ridho terus berlanjut hingga semalam saat melawan timnas Korea Selatan. Ia beberapa kali menyapu serangan lawan dan harus melakukan tackling kepada pemain asal negeri Gingseng itu.

Ia juga sukses menjadi eksekutor penalti, tendangannya cukup berani dengan mengarah ke tengah. Sementara penjaga gawang Baek Jong-beom malah membacanya ke arah kiri gawang. Justin Hubner, Komang dan Ferrari memanikan peran penting selama kompetisi tersebut.

Indonesia menang adu penalti melawan Korea Selatan, setelah bermain imbang 2-2 selama 120 menit. Skor penalti 11-10 untuk kemenangan Garuda Muda. Sehingga mereka berhak melangkah ke semifinal Piala Asia U-23. (dan)

Exit mobile version