Zelenskyy: Lebih dari 10 Juta Rakyat Ukraina Menderita Tanpa Listrik

Wilayah-Mariupol

Serangan udara Rusia menyebabkan kehancuran di Mariupol, Ukraina. Foto: news.sky.com

INDOPOS.CO.ID – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan lebih dari 10 juta rakyat Ukraina saat ini menderita tanpa listrik. Dia mengungkapkan, ada banyak hal yang harus dilakukan untuk melindungi langit Ukraina.

Zelenskyy menjelaskan Kyiv melakukan segalanya untuk menormalkan pasokan energi dengan beberapa daerah di bawah pemadaman darurat secara paksa.

“Sebagian besar yang terkena dampak pemadaman berada di wilayah Vinnytsia, wilayah Odesa, wilayah Sumy, dan ibu kota. Rentetan serangan Rusia terhadap infrastruktur kritis Ukraina telah menyebabkan banyak penduduk hidup tanpa listrik dan air, di tengah meningkatnya kekhawatiran menjelang musim dingin,” ungkap Zelenskyy seperti dilansir Sky News, Jumat (18/11/2022).

Ukraina biasanya mengalami musim dingin yang panjang dengan suhu terendah mencapai -20 celcius.

Militer Ukraina mengatakan infrastruktur energi negara itu diserang terus-menerus oleh rudal dan pesawat tak berawak Rusia dari ibu kota Kyiv di utara ke Dnipro di Ukraina tengah dan Odesa di selatan.

Zelenskyy dalam pidatonya mendesak sekutunya untuk meningkatkan pertahanan udara Ukraina. Dia mengungkapkan bahwa enam rudal jelajah Rusia dan lima drone buatan Iran ditembak jatuh dalam waktu kurang dari sehari.

“Hanya perlindungan penuh dari langit Ukraina yang akan melindungi Ukraina dan Eropa dari banyak kemungkinan eskalasi agresi Rusia dan pasti akan mendorong Rusia untuk benar-benar mengakhiri perang,” katanya.

Rudal Rusia menghantam beberapa wilayah dengan pertempuran sengit di Donetsk.

Militer Ukraina mengatakan rudal dan peluru Rusia telah mengenai beberapa wilayah, sementara pertempuran sengit berlanjut di wilayah Donetsk di timur.

Militer mengatakan pasukan Rusia menembakkan artileri ke Kota Bakhmut dan Soledar di dekatnya, antara lain, sebagai tanda bahwa pasukan Moskow tampak lebih aktif.

Ia menambahkan bahwa tembakan Rusia juga menghantam Balakliya di wilayah timur laut Kharkiv, yang direbut kembali oleh Ukraina pada bulan September, dan Nikopol, sebuah kota di tepi seberang waduk Kakhovka dari pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia.

Wilayah Donetsk telah mengalami pertempuran terberat dalam perang sembilan bulan Rusia di Ukraina.

Pasukan Rusia diperkuat oleh pasukan yang ditarik dari Kota Kherson di selatan yang direbut kembali Ukraina pekan lalu.

Kota Kherson, yang sekarang berada dalam kendali Ukraina, adalah satu-satunya ibu kota provinsi yang direbut Rusia sejak invasi dimulai pada Februari. (dam)

Exit mobile version