Pemerintah Kembali Evakuasi Satu WNI dari Gaza Malam Ini

Pemerintah Kembali Evakuasi Satu WNI dari Gaza Malam Ini - wni gaza - www.indopos.co.id

Satu warga negara Indonesia (WNI) berhasil dievakuasi dari wilayah Gaza, Palestina, pada Sabtu (9/12/2023). (Dok Kemenlu RI)

INDOPOS.CO.ID – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyatakan, pemerintah kembali mengevakuasi satu warga negara Indonesia (WNI) dari wilayah Gaza, Palestina pada, Sabtu (9/12/2023). Penyelamatan tersebut dilakukan seiring kembali memanasnya wilayah itu.

“Alhamdulillah, pada hari ini Sabtu 9 Desember 2023 sekitar pukul 19.00 waktu Indonesia bagian barat, kita berhasil kembali mengevakuasi satu warga negara Indonesia atas nama
Farid Zanzabil Al Ayubi keluar dari Gaza,” kata Retno Marsudi dalam keterangannya, Sabtu (9/12/2023).

Ia mengemukakan, Farid merupakan relawan MER-C, yang sebelumnya menjalankan tugas kemanusiaan di rumah sakit Indonesia di Gaza Utara.

Sejak Rumah Sakit Indonesia tidak beroperasi, dia beserta relawan Mer-C lainnya berada di Gaza Selatan. “Situasi di Gaza masih sangat berbahaya,” ujar Retno.

Farid merupakan satu dari tiga relawan Mer-C yang sejak awal memutuskan untuk tetap tinggal di Gaza. Dalam perkembangannya, dia kemudian memutuskan dan meminta bantuan untuk evakuasi.

“Saat ini, Mas Farid telah berada dengan selamat di perbatasan Rafah wilayah Mesir bersama Tim Evakuasi KBRI Kairo,” ucap Retno.

Proses mengevakuasinya memerlukan waktu yang panjang dan proses yang sangat kompleks, terutama upaya untuk memasukkan nama beliau dalam daftar yang diperkenankan untuk melintas.

“Proses memasukkan ke daftar, sekali lagi merupakan proses yang sangat tidak mudah,” imbuhnya. Pemerintah Indonesia telah mengevakuasi sejumlah warga Indonesia, setelah serangan brutal Israel di Gaza sejak beberapa waktu lalu. (dan)

Exit mobile version