Soal Over Kapasitas, Kalapas Kelas 1 Cipinang: Kami Lakukan Penataan Blok dan Utamakan Pelayanan Bagi Warga Binaan

lapas

Petugas dan warga binaan Lapas Kelas 1 Cipinang, melakukan penataan dengan mengecat plafon dan tembok blok hunian agar terlihat bersih dan indah.

INDOPOS.CO.ID – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Cipinang mengalami over kapasitas saat ini. Lapas yang hanya mampu menampung 880 narapidana, namun saat ini warga binaan mencapai 3.199. Dengan begitu, Lapas Cipinang kelebihan muatan 2.324 orang.

Kepala Lapas Kelas 1 Cipinang Tonny Nainggolan membenarkan bahwa penghuni lapas saat ini telah over kapasitas. ”Kapasitas Lapas Cipinang seharusnya 880 napi, tapi untuk jumlah seluruhnya per-hari ini 3.199 orang, sehingga memiliki tingkat over kapasitas hunian yang cukup tinggi,” kata Tonny Nainggolan kepada indopos.co.id, Minggu (13/2/2022).

Menyikapin hal tersebut, kata Tonny, pihaknya terus melakukan inovasi, mencari solusi dan pemecahan masalah dalam menangani over kapasitas melalui peningkatan pelayanan kepada warga binaan.

“Kami melakukan penataan blok hunian warga binaan dari Blok type 5 aula B2 dan selanjutnya pada aula B1 dan Type 7 Aula Blok OH. Hal ini kami dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat aman dan nyaman serta utamakan pelayanan bagi warga binaan,“ ujar Tonny.

Sementara Ka. KPLP, Sukarno Ali menambahkan walaupun Lapas Kelas I Cipinang mengalami over kapasitas, tidak menutup kemungkinan petugas tetap memberikan pelayanan terbaik bagi warga binaan.

“Salah satunya melalui penataan blok hunian. Kami ingin semua warga binaan bisa merasa nyaman layaknya seperti tempat tinggalnya masing-masing, dan meninggalkan kesan “penjara”,” ujar Ali.

Ali menambahkan selain melakukan pembenahaan dan penataan blok hunian sehingga terlihat menjadi rapi bagi warga biaan. ”Kami juga menanamkan nilai disiplin dan menciptakan lingkungan bersih bagi warga binaan di dalam Lapas, agar mereka tetap sehat dan tidak terjangkit penyaki. Kegiatan penataan blok hunian mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari warga binaan,“ pungkasnya. (gin)

Exit mobile version