Tingkatkan Pelayanan, BPN Kabupaten Tangerang Bebas Calo

BPN Kabupaten Tangerang

Ruang tunggu Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tangerang

INDOPOS.CO.ID – Memasuki lobi atau ruang tunggu Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tangerang yang terletak di kawasan pusat pemerintah Kabupaten Tangerang tersebut layaknya mamasuki lobi hotel berbintang.

Masyarakat yang mengurus surat Pertanahan di BPN Kabupaten Tangerang disambut dengan ramah oleh petugas dan tersedia beberapa loket pelayanan, baik loket yang menggunakan kuasa atau loket tanpa kuasa.

Sambil menunggu giliran dipanggilan oleh petugas pelayanan, masyarakat disediakan sofa dan kursi yang empuk layaknya pelayanan di lobi hotel berbintang.

Rohimah (43), warga Kecamatan Sepatan yang mengaku baru pertama kali datang ke kantor BPN Kabupaten Tangerang, mengaku sangat nyaman dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas loket.

“Saya baru pertama kali datang kesini mengurus sertipikat tanah saya,” ujarnya, Selasa (29/3/2022).

Ia mengatakan, adanya prioritas layanan bagi yang mengurus sendiri surat tanah atau tanpa kuasa sangat memudahkan dirinya dalam mengurus dan berkonsultasi dengan petugas loket.

“Setelah saya berkonsultasi dengan petugas loket, ternyata ada kekurangan berkas yang harus saya lengkapi dulu,” katanya.

Tak hanya di ruangan tunggu atau lobby kantor,di dalam gedung juga disediakan cafe Jawara Tigaraksa, dimana karyawan atau masyarakat bisa ngopi atau merokok di ruangan terbuka tersebut.

Salah seorang petugas sekuriti di kantor tersebut mengungkapkan, sekarang ini para calo tidak berani lagi beraksi di kantor BPN Kabupaten Tangerang, karena di setiap sudut sudah terpasang camera CCTV.

“Sekarang sudah tidak ada lagi calo disini pak. Karena semua sudut sudah dipasang camera CCTV,” ungkap seorang petugas sekuriti paruh baya tersebut.

Sementara Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang, Nugraha membenarkan pihaknya selalu memprioritaskan masyarakat yang mengurus administrasi Pertanahan tanpa kuasa, sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang sudah mau mengurus sendiri keperluannya di Kantah Kabupaten Tangerang.

“Meski yang tanpa kuasa kami prioritaskan, bukan berarti yang pakai kuasa tidak kami layani,” cetusnya. (yas)

Exit mobile version