Riak-Riak Kebaikan di Perum Purn Kopassus Kedayutama. Seperti Apa?

Peresmian-TKIT-Tribuana-Insani

Peresmian TKIT Tribuana Insani oleh Ketua MUI Kota Depok DR KH Ahmad Dimyati Badruzzaman di lingkungan Masjid Al Muhajiriin Komplek Purn Kopassus Kedayutama, Sukatani, Kota Depok, Jabar, Sabtu (30/7/2022). Foto : Ist/Indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Kesejahteraan rakyat Indonesia adalah amanat UUD 1945. Negara menjamin kesejahteraan sosial bagi setiap warga negara Indonesia dimana salah satu upaya pembangunan kesejahteraan sosial adalah dengan anak-anak yatim/piatu yang terlantar dan miskin.

Yayasan Masjid Al Muhajiriin Kedayutama sebagai salah satu yayasan sosial keagamaan yang terletak di Perumahan Purn Kopassus Kedayutama, kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat (Jabar) telah mencanangkan pembangunan sekolah dan rumah anak yatim.

Berlokasi di wilayah komplek yang dibangun bagi para purnawirawan Kopassus beserta keluarga besarnya, Yayasan Masjid Al Muhajiriin Kedayutama berusaha terus memberikan kontribusi bagi perkembangan sosial dan pendidikan di antaranya dengan mendirikan TKIT Tribuana Insani yang telah dimulai kegiatan belajar mengajarnya dan selanjutnya merencanakan pendirian rumah anak yatim Tribuana Insani pada 2022.

Nama Tribuana (Tiga Jagad : Darat, laut, Udara) tentu tidak terlepas dari nama besar Korps Baret Merah TNI AD yang memiliki kemampuan di tiga matra dan berasal dari sesanti Kopassus yaitu “Tribuana Chandraca Satya Dharma.

Pada Sabtu, (30/7/2022) bertepatan dengan 1 Muharram 1444 Hijriah atau Tahun Baru Islam bertempat di lingkungan Masjid Al Muhajiriin Komplek Purn Kopassus Kedayutama, telah diselenggarakan kegiatan peresmian TKIT Tribuana Insani oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok DR KH
Ahmad Dimyati Badruzzaman dan Peletakan Batu Pertama pembangunan Rumah Anak Yatim Tribuana Insani oleh Asisten Teritorial (Aster) Kopassus Letkol Inf Irfan Amir.

Dalam acara tersebut turut hadir wakil dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok di antaranya camat, para lurah beserta Ketua LPM di lingkungan Kecamatan Tapos Kota Depok, para tokoh masyarakat dan tokoh agama di antaranya sesepuh Purnawirawan Kopassus, para pengurus RT dan RW serta pengurus DKM beserta jamaah Masjid Al Muhajiriin.

Adapun panitia kegiatan tersebut adalah generasi muda di Perumahan Purn Kopassus Kedayutama di antaranya juga Ikatan Remaja Masjid (IRMAL) Masjid Al Muhajiriin dan Karang Taruna RW 013 dengan dukungan Majelis Pengajian Ibu-Ibu Masjid Al Muhajiriin.

Ketua MUI Kota Depok DR KH Ahmad Dimyati Badruzzaman hadir pada acara tersebut didampingi Aster Kopassus Letkol Inf Irfan Amir, Danramil 06 Cimanggis Depok Mayor Kav Imam Purwanto, Pabanda Bhakti Teritorial Kopassus Mayor Inf Fery Mulyawan, Ketua RW 013 Komplek Perumahan Purn Kopassus Kedayutama Kapten Inf Akub Zaenal serta Ketua Yayasan Masjid Al Muhajiriin Kedayutama Aan Munadi MM.

Asisten Teritorial (Aster) Kopassus Letkol Inf Irfan Amir (dua kiri berdiri) sebelum peletakan batu pertama pembangunan Rumah Anak Yatim Tribuana Insani di Komplek Purn Kopassus Kedayutama, Sukatani, Kota Depok, Jabar, Sabtu (30/7/2022). Foto : Ist/Indopos.co.id

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Alqur’an beserta terjemahannya, dilanjutkan dengan laporan Ketua Yayasan Masjid Al Muhajiriin Kedayutama dan dimeriahkan penampilan siswa–siswi TKIT Tribuana Insani.

“Alhamdulillah saya merasa bersyukur dan melihat perkembangan Agama Islam khususnya di (Perumahan Purn Kopassus Kedayutama, red) Kelurahan Sukatani ini bisa berkembang. Saya berdoa mudah-mudahan ke depan terus mengembangkan ke jenjang yang lebih tinggi, sehingga banyak memberikan manfaat kepada masyarakat luas, itu yang kita harapkan…Aamiin Ya Allah, Ya Rabbal Alamin,” ujar KH Ahmad Dimyati.

Ketua MUI Kota Depok yang juga didampingi Sekretaris serta Penasehat MUI Kota Depok Bapak H. Yaman Setiawan selanjutnya bersama seluruh undangan meninjau lingkungan masjid dan sarana prasarana TKIT Tribuana Insani dilanjutkan dengan acara Peletakan Batu Pertama Rumah Anak Yatim Tribuana Insani yang dipimpin Aster Kopassus Letkol Inf. Irfan Amir.

Acara peletakan batu pembangunan rumah anak yatim berlokasi di tanah wakaf yang tidak jauh dari Masjid Al Muhajiriin Perumahan Purn Kopassus Kedayutama. Rombongan berjalan kaki dan dipimpin Aster Kopassus Letkol Inf Irfan Amir didampingi Ketua MUI Kota Depok DR KH Ahmad Dimyati Badruzzaman meletakan batu pertama dengan diiringi doa yang dipanjatkan bersama dengan di pimpin Ketua MUI Kota Depok.

Selanjutnya secara bergantian pengurus MUI Kota Depok, Danramil 06 Cimanggis Depok, dan tokoh masyarakat turut bergantian melaksanakan peletakan batu pertama pada lokasi yang telah disiapkan.

“Pesan-pesan dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang selalu terpatri di kepala saya dan seluruh prajurit  termasuk Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus), menyampaikan bahwa riak-riak Kebaikan akan menimbulkan riak-riak kebaikan selanjutnya. Semoga kebaikan bapak-bapak dan ibu-ibu semua pada saat ini akan memunculkan riak-riak kebaikan di masa yang akan datang,” ujar Letkol Inf Irfan Amir.

Pada kesempatan ini, Aster Kopassus menandatangani prasasti peletakan batu pertama pembangunan rumah anak yatim Tribuana Insani dan penyerahan secara simbolis bantuan keramik dan semen dari Danjen Kopassus kepada Pembina Yayasan Masjid Al Muhajiriin Kedayutama Aan Wahyudi Setiawan dilanjutkan dengan pemotongan dan penyerahan tumpeng nasi kuning dari Aster Kopassus kepada Ketua Yayasan Masjid Al Muhajiriin Kedayutama.

Acara turut dimeriahkan penampilan grup rebana Majelis Pengajian Ibu-Ibu Masjid Al Muhajiriin dan panitia menyediakan hidangan makan siang bersama sambil Aster Kopassus beramah tamah dengan warga masyarakat di lingkungan Perumahan Purn Kopassus Kedayutama.

Sebelum Aster Kopassus meninggalkan acara kegiatan peletakan batu pertama pembangunan rumah anak yatim Tribuana Insani, tak lupa Kapten Inf Akup Zaenal selaku Ketua RW 013 mewakili seluruh warga masyarakat di Komplek Purn Kopassus Kedayutama mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesediaan dan perhatian Danjen Kopassus yang dalam hal ini diwakili Aster Kopassus untuk selalu mendukung kegiatan Perumahan Purn Kopassus Kedayutama umumnya dan Yayasan Masjid Al Muhajiriin Kedayutama khususnya dari waktu ke waktu, sehingga hal ini harus terus dipertahankan di masa yang akan datang.

Acara ditutup dengan sesi foto Aster Kopassus bersama warga masyarakat di lingkungan Komplek Purn Kopassus Kedayutama di antaranya jamaah dan majelis pengajian, IRMAL dan Karang Taruna, pelajar SMK Fornus yang bernaung dibawah Yayasan Putra Sandi Yudha dan lokasi sekolahnya berada di Perumahan Purn Kopassus Kedayutama,  Pengurus Lingkungan dan Komunitas Olah Raga RSW (Rachmat Sunday Walking) di Perumahan Kopassus Kedayutama yang turut memeriahkan acara.

Satu hal yang menjadi catatan dari kegiatan peletakan batu pertama pembangunan rumah anak yatim Tribuana Insani ini adalah komitmen dan konsistensi peran Teritorial Kopassus untuk terus membangun komunikasi sosial dan kontribusi nyata dalam pembangunan dan penanganan masalah sosial masyarakat umumnya dan khususnya di wilayah wilayah yang menjadi target pembinaan teritorial di antaranya perumahan purnawirawan, desa binaan, desa di lingkungan daerah latihan tempur dan lingkungan ksatrian serta daerah yang memerlukan atensi teritorial.

Pelaksanaan kegiatan teritorial tersebut akan semakin efekif apabila dilakukan dengan kolaborasi dan bekerja sama dengan elemen-elemen dalam masyarakat salah satunya Yayasan Masjid Al Muhajirin Kedayutama dimana para pendiri, pembina dan pengurusnya adalah Purnawirawan dan Keluarga Besar Korps Kopassus.

Beberapa tahun sebelumnya di Perumahan Purn Kopassus juga telah berdiri Yayasan Putra Sandi Yudha yang juga dikelola oleh Keluarga Besar Korps Baret Merah, telah berhasil mendirikan sekolah di tingkat SMK dengan Nama SMK Forward Nusantara (SMK Fornus) dan telah meluluskan ratusan alumni yang telah bekerja dan berkarya serta tersebar di berbagai daerah di Indonesia. SMK Fornus diresmikan gedungnya oleh Danjen Kopassus pada 2017.

Tentunya berdirinya yayasan sosial dan pendidikan merupakan hal positif  di lingkungan Keluarga Besar Korps Baret Merah. Peran dan fungsi yayasan tersebut sebagai entitas berbadan hukum diharapkan dapat bekerja sama dengan teritorial Kopassus lebih optimal di masa yang akan datang dan terus mengembangkan diri sesuai dengan kompetensi dan visi misinya.

Diharapkan pola kolaborasi ini juga menjadi salah satu role model dalam pembinaan teritorial TNI AD, khususnya Kopassus, sebagaimana arahan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman bahwa ”Riak-riak kebaikan akan menimbulkan riak-riak kebaikan selanjutnya…” (aro)

Exit mobile version