BPN Jakarta Barat Tuntaskan PTSL 2022

Penyerahan-sertipikat-door-to-door

Penyerahan sertipikat secara door to door oleh kepala Kantor Pertanahan bersama Wali Kota Jakarta Barat. Foto: Istimewa

 

INDOPOS.CO.ID – Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Barat (Jakbar) telah menerbitkan 2.050 sertipikat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada tahun ini.

Kepala Kantor Pertanahan Sri Pranoto bersama Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat telah menyerahkan sertipikat kepada masyarakat pada Jumat (16/12/2022).

“Penyerahan dilakukan secara langsung ke beberapa tempat dan dilakukan pula secara door to door,” ujar Toto, spaakn karib Sri Pranoto ini kepada INDOPOS.CO.ID, Selasa (20/12/2022).

Ia berharap dalam dua pekan ini semua sertipikat hasil kegiatan PTSL sebanyak 2.056 sertipikat sudah diterima masyarakat. Sertpikat itu, lanjutnya, terdiri dari sertipikat wakaf sebanyak 38 bidang, sertipikat gereja 1, sertipikat vihara 1 dan sertipikat masyarakat 2.016.

“Semua sertipikat atau SHAT (Sertipikat Hak atas Tanah) yang sudah selesai diterbitjan akan diserahkan,” ucap Toto.

Dia mengatakan, dalam pelaksanaan Kegiatan PTSL tahun 2022 peranan pemerintah daerah dalam hal ini camat, lurah dan pengurus RT/RW sangat membantu percepatan dalam penyiapan berkas dan kelengkapan berkas-berkas PTSL tersebut.

“Peranan pemerintah dari mulai RT/RW, lurah, camat hingga wali kota sangat membantu dalam percepatan program PTSL ini,” jelas Toto.

“Diharapkan dengan adanya sertipikat tanah maka akan mencegah adanya permasalahan pertahan di kemudian hari,” katanya.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang belum memiliki sertipikat masih was-was sekarang menjadi lebih tenang karena aset yang dimiliki sudah mempunyai legalitasnya.

“Dengan petugas kantor pertanahan turun langsung ke masyarakat untuk mencegah adanya mafia tanah serta lebih mendekatkan pelayanan pertanahan kepada masyarakat,” pungkas Toto.(yas)

Exit mobile version