Amankan Arus Mudik Lebaran 2023, Polda Metro Jaya Siapkan Sejumlah Posko Pengamanan dan Pelayanan

Pos-pelayanan-Mudik-Lebaran

Pos pelayanan dan pengamanan menjelang mudik Lebaran. Foto: Website NTMC Polri

INDOPOS.CO.ID – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya telah menyiapkan sejumlah posko untuk mengamankan arus mudik Lebaran 1444 Hijriah atau 2023 Masehi. Sekaligus berkoordinasi dengan pihak terkait demi kelancaran para pemudik.

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto belum menyampaikan total jumlah titik yang dijadikan posko mudik Lebaran 2023. Sementara kesiapan sarana dan prasarana masih dikomunikasikan dengan instansi atau lembaga lain.

“Kami dari Direktorat Lalu Lintas, sudah mempersiapkan pos-pos pengamanan dan pelayanan,” kata Irjen Karyoto di Jakarta, Senin (10/4/2023).

“Tentunya ini kan koordinasi dengan instansi yang lain seperti Kementerian Perhubungan, Pemda DKI, yang menyiapkan sarana-sarana itu,” tambahnya.

Paling penting para personel aparat yang bertugas di posko keamanan mudik Lebaran, jumlahnya tidak boleh kurang. Karena berkaitan dengan menjaga kelancaran lalu lintas. Biasanya mereka tergabung dalam Operasi Ketupat 2023.

“Nanti akan kita lihat, mulai H-berapa sudah kita siapkan. Tentunya yang paling pasti adalah harus terisi personel-personel yang memadai, yang cukup. Sehingga akan membantu,” tutur Karyoto.

Sehingga masyarakat dapat menggunakan moda transportasi angkutan mudik lebaran dengan aman. Baik moda transportasi darat, laut hingga udara.

“Mudik ini kan mengantar kita, warga masyarakat Jakarta untuk menaiki moda-moda transportasi. Baik bus di terminal, maupun kereta, dan pesawat di bandara,” imbuhnya.

Polri akan menggelar Operasi Ketupat pada arus mudik dan balik Lebaran 2023. Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengemukakan, kegiatan yang digelar bersama TNI, kementerian dan lembaga itu akan berlangsung pada 17 April – 1 Mei 2023.

“Insyaallah untuk Operasi Ketupat akan digelar mulai dari tanggal 17 sampai dengan tanggal 1, dan diperkirakan nanti untuk menjadi puncak mudik tanggal 19 sampai tanggal 21,” beber Sandi di Jakarta, Rabu (5/4/2023).(dan)

Exit mobile version