Kelebihan Bayar dan Hasil Proyek Tidak Sesuai Spek, Kadis PUPR Kota Tangerang: Semuanya Kami Evaluasi

Kelebihan Bayar dan Hasil Proyek Tidak Sesuai Spek, Kadis PUPR Kota Tangerang: Semuanya Kami Evaluasi - Ruta Ireng - www.indopos.co.id

Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono (kanan). (Humas Pemkot Tangerang)

INDOPOS.CO.ID – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono, menyatakan niatnya untuk menyusun surat pemberitahuan pengembalian dana yang berkenaan dengan kelebihan pembayaran sebesar Rp 3.831.951.523,22 untuk 13 paket pekerjaan.

“Kami sudah menyiapkan opsi untuk meminta pengembalian dana pada kontraktor,” katanya kepada INDOPOS.CO.ID melalui selulernya, Selasa (23/5/2023).

Selanjutnya dia berujar, berdasarkan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Banten, dinyatakan bahwa terdapat kekurangan dalam pengawasan oleh para jajaran Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), terutama dalam hal kendali yang dilakukan oleh Kepala Dinas PUPR sebagai Pengguna Anggaran (PA), kurangnya kecermatan dalam pemeriksaan dan serah terima hasil pekerjaan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), serta kurangnya kecermatan dalam pengawasan pelaksanaan pekerjaan di lapangan oleh Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan Konsultan Pengawas.

“Semua kami evaluasi (para jajaran) dan hal ini menjadi perhatian bagi kami,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Banten menunjukkan bahwa terdapat ketidaksesuaian spesifikasi pada 16 paket pekerjaan yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang, dengan total nilai sebesar Rp 4.222.966.170,50.

Ditemukan ketidaksesuaian spesifikasi pada 16 paket pekerjaan tersebut, termasuk kekurangan volume, kekurangan tebal jalan, ketidaktercapaian densitas aspal, dan ketidaktercapaian mutu beton.

Paket-paket pekerjaan yang terdampak meliputi Peningkatan Jalan Juanda, Penggantian Jembatan Kali Perancis, Peningkatan Jl. Bouraq/Lio Baru, Penggantian Jembatan Kali Purati, Peningkatan Jalan Imam Bonjol, dan Peningkatan Jalan Kali Perancis.

Selain itu, terdapat juga Jalan Sisi Saluran Irigasi Gondrong dan Loop Pondok Bahar, Pembangunan U Turn Maulana Hasanudin (belum dibayar), Pembangunan Jalan Blok Teko, Peningkatan Jalan Sisi Kiri SP Semanan, Peningkatan Jalan Marsekal Suryadarma (DAK 2022), Peningkatan Jl. Lingk. Jalan Akses TPU, Peningkatan Jl. Husen Sastranegara, Penataan Geometrik Simpang Jembatan Lio Baru (belum dibayarkan), Peningkatan Jalan Pondok Kacang Kec. Ciledug, dan Peningkatan Jalan Ki Hajar Dewantoro Kec. Cipondoh. (fer)

Exit mobile version