Sempat Gagal Napas, Belasan Dokter RSCM Tangani Pria Obesitas 300 Kg

Sempat Gagal Napas, Belasan Dokter RSCM Tangani Pria Obesitas 300 Kg - obesitas 1 - www.indopos.co.id

Pria obesitas asal Tangerang, Muhammad Fajri (26). Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Pemuda asal Tangerang yang memiliki berat badan hampir 300 kilogram ditangani belasan dokter multi disiplin keilmuan dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta. Dia sempat dirawat dI RSUD Tangerang, bahkan membentuk tim penangan ada 10 dokter spesialis.

“Tim dokter anestesiologi dan perawatan intensif, respirologi, endokrin-metabolik, gastro-enterologi, kardiologi. llmu penyakit dalam, bedah digestif, bedah vaskuler, urologi, neurologi, psikiatri, dermatologi venerologi, rehabilitasi,” kata Staf Humas RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, Yogi dalam keterangan yang diterima, Rabu (14/6/2023).

Pasien dipastikan sudah dalam penanganan RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo dan proses observasi agar bisa direncanakan prosedur perawatan lanjutan. Seperti ventilasi mekanik menggunakan ventilator untuk membantu pernapasan.

“Pemantauan ketat tanda vital tekanan darah, pernapasan, saturasi oksigen, dan laju nadi,” ujar Yogi.

Teropong saluran napas untuk evaluasi ada dahak yang tersumbet atau tidak. Sekaligus menilai saluran napas dan paru-paru pasien, pemeriksaan hormon insulin, hormon tiroid dan gula darah untuk mengevaluasi obesitas pasien.

“Pasien membutuhkan ventilasi mekanik, karena terdapat kondisi gagal napas yang membuat pasien tidak bisa bernapas dengan sendirinya,” tutur Yogi.

Selain itu, dilakukan rencana pemeriksaan alirah darah ke kepala oleh dokter saraf, untuk menilai ada penurunan suplai darah ke otak atau tidak dan rencana pemberian obat topikal untuk infeksi di kulit.

Pasien telah dipindahkan ke ruang perawatan rawat inap terpadu Gedung A dimana di ruangan tersebut hanya
ada Fajri.

Keadaan Fajri dalam keadaan sadar penuh pada saat tiba di RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo. Bahkan mampu diajak berkomunikasi, namun masih mengalami kelelahan setelah evakuasi dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang ke RSCM. (dan)

Exit mobile version