Ancaman Pemanasan Global, Pemkab dan Polres Bogor Tanam Pohon Serentak

Ancaman Pemanasan Global, Pemkab dan Polres Bogor Tanam Pohon Serentak - tanam pohon - www.indopos.co.id

Pemkab Bogor bersama jajaran Polres Bogor dan Forkopimda melakukan penghijauan dengan menanam pohon secara serentak di 40 Kecamatan se-Kabupaten Bogor. Foto : Diskominfo Kabupaten Bogor for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama jajaran Polres Bogor dan Forkopimda melakukan penghijauan dengan menanam pohon secara serentak di 40 Kecamatan se-Kabupaten Bogor.

Program penghijauan ini adalah bentuk hadirnya Polri di tengah masyarakat. Secara simbolis penanaman pohon dilakukan di sekitar Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu (23/8/2023).

Acara penanaman pohon serentak tersebut bertajuk “Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini”. Penghijauan ini merupakan langkah terobosan Kapolri dalam menghadapi ancaman bencana El Nino dan kekeringan di Indonesia akibat dari pemanasan global.

Hadir pada penanaman tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin, Kapolres Bogor, AKBP Rio Wahyu Anggoro, Dandim 0621 Kabupaten Bogor, Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara, beserta perwakilan Forkopimda dan jajaran Pemkab Bogor.

Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro mengatakan, Polres Bogor akan menanam sebanyak 8.000 pohon yang tersebar di 32 Polsek, 40 kecamatan. Ini adalah bagian dari program Presisi Kapolri, hadir di tengah-tengah masyarakat melalui program Polri lestarikan negeri penghijauan sejak dini.

“Ini berkaitan dengan siklus kehidupan yang makin lama makin berat, menghadapi bencana El Nino maupun bahaya kekeringan. Kita hijaukan kembali lahan-lahan tidur yang ada. Alhamdulillah kami diberikan kesempatan untuk bisa melakukan penghijauan di lahan milik Pemkab Bogor,” katanya.

AKBP Rio menambahkan, untuk program selanjutnya mungkin minggu depan kami akan melakukan pengeboran di lahan-lahan kering, diutamakan di wilayah kecamatan yang mengalami kekeringan. Kami akan melakukan pengeboran air yang nanti akan didistribusikan ke RT, ke RW, bahkan ke desa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin mengungkapkan, Pemkab Bogor sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang diinisiasi oleh Kapolri dan jajarannya. Dalam kegiatan penghijauan ini ada nilai filosofinya, yakni kalau kita jaga alam, alam akan jaga kita.

“Pemanasan global ini semakin hari semakin terasa dampak negatifnya, kita harus kembali melakukan gerakan penghijauan, dan hari ini digagas oleh Kapolri beserta jajarannya,” ujar Burhanudin.

Burhanudin menerangkan, Pemkab Bogor mengucapkan terima kasih Polres Bogor yang sudah menginisiasi acara ini. Tentunya kami izinkan lahan-lahan tidur milik Pemkab Bogor di seluruh wilayah dijadikan sasaran untuk program ini. (mg35)

Exit mobile version