Atasi Polusi Udara, Pemkot Jaktim Siapkan Lahan untuk Hutan Kota Jakarta

M-Anwar

Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar. (Dokumen Pemkot Jaktim)

INDOPOS.CO.ID – Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar mengatakan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menyiapkan lahan seluas 8,5 hektar di kawasan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) untuk dijadikan hutan kota.

“Hari ini dilakukan pematangan penggemburan lokasi, yang merupakan lahan untuk peruntukan hutan kota, di area PT JIEP. Persiapan lahan ini juga dilakukan untuk mendukung program penanaman pohon yang akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada 12 September 2023,” katanya kepada INDOPOS.CO.ID, Jumat (8/9/2023)

Ia menjelaskan bahwa lahan tersebut sebelumnya digunakan untuk berbagai aktivitas, namun aktivitas-aktivitas tersebut telah dihentikan, dan lahan tersebut akan dikembalikan fungsinya sebagai hutan kota.

“Bangunan liar diimbau untuk dibongkar sendiri,” ujadnya.

Ia menuturkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur melibatkan 250 petugas gabungan dalam persiapan lahan hutan kota tersebut.

“Petugas tersebut berasal dari berbagai instansi, termasuk Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Suku Dinas Bina Marga, Suku Dinas Sumber Daya Air, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Suku Dinas Lingkungan Hidup, TNI-Polri, Satpol PP, pasukan Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), serta pihak PT JIEP,” tuturnya.

Ia menambahkan, alat yang diturunkan meliputi 1 unit truk pemadam kebakaran, 6 unit excavator, dan 10 unit dumb truck.

“Kami berencana menanam sekitar 620 – 830 pohon dengan berbagai jenis di lahan tersebut. Jenis pohon yang akan ditanam antara lain pule, bungur, flamboyan, sawo kecik, mahoni, trembesi, ketapang kencana, matoa, dan nangka. Harapannya, hutan kota ini dapat menjadi paru-paru kota dan membantu mengurangi polusi udara di Jakarta Timur,” pungkasnya. (fer)

Exit mobile version