4 Industri Disanksi, DKI Terus Operasi Pengawasan Cerobong Pabrik

Satgas-PPU

Satuan Tugas Pengendalian Pencemaran Udara (Satgas PPU) Provinsi DKI Jakarta, melakukan operasi pengawasan cerobong pabrik di Kota Administrasi Jakarta Timur. Foto: Dinas LH DKI Jakarta

INDOPOS.CO.ID – Satuan Tugas Pengendalian Pencemaran Udara (Satgas PPU) Provinsi DKI Jakarta melakukan operasi pengawasan cerobong pabrik PT. CIF di Jakarta Timur.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto, mengatakan operasi ini merupakan pengawasan rutin untuk menginventarisasi dan mengendalikan pencemaran udara emisi tidak bergerak di wilayah DKI Jakarta.

“Tim Satgas terus mengawasi cerobong-cerobong industri yang berpotensi menjadi sumber pencemar udara di Jakarta,” kata dia, seperti dikutip, Rabu (27/9/2023).

Wilayah Jakarta Timur menjadi target operasi Satgas karena memiliki banyak industri dan berpotensi sebagai penyumbang emisi tidak bergerak di DKI Jakarta.

“DLH DKI terus memantau industri, terutama yang masih menggunakan batubara dalam operasionalnya, terutama di wilayah-wilayah dengan kawasan industri seperti Jakarta Timur dan Jakarta Utara,” ujar Asep.

“Kita harus mengawasi semua industri, terutama yang masih menggunakan batubara. Ini juga bagian dari sosialisasi target Pemprov DKI bahwa pada tahun 2030, semua industri di Jakarta harus memiliki emisi rendah,” sambungnya.

Selain itu, menurut data dari Stasiun Pemantau Kualitas Udara (SPKU) milik Dinas LH DKI, wilayah Jakarta Timur memiliki rata-rata Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) yang lebih tinggi dibandingkan wilayah lainnya.

“Jadi, semua yang berpotensi mencemari kualitas udara akan diawasi, dan operasi ini adalah bentuk pengawasan. Jika terbukti melanggar, akan dikenakan sanksi bahkan hingga pencabutan izin lingkungan,” terang Asep.

Sebagai informasi, empat industri telah diberikan sanksi administratif hingga penyegelan. Empat industri tersebut yakni, PT. Trada Trans Indonesia, PT. Tans Bara Energy, PT. Bahana Indokarya Global, PT. Jakarta Central Asia Steel.(fer)

Exit mobile version