Aksi Bersih-bersih Sungai Ciliwung, Tumbuhkan Semangat Menjaga Lingkungan

ciliwung

Aksi bersih-bersih sungai. Foto: istimewa

INDOPOS.CO.ID – Kepedulian terhadap kebersihan sungai terus dilakukan masyarakat. Salah satunya oleh OCS Group Indonesia. Perusahaan penyedia layanan manajemen fasilitas terkemuka tersebut terus melanjutkan aksi bersih-bersih sungai Ciliwung.

Seperti dalam aksi mendukung World Cleanup Day di September lalu. Perusahaan yang memiliki fokus khusus terhadap lingkungan yang bersih dan higienis ini menggandeng World Cleanup Day Indonesia melakukan aksi bersih-bersih sungai.

“Bersama-sama, kami merangkul semangat untuk perubahan perilaku sehari-hari melalui aksi nyata dalam sehari, demi masa depan yang lebih bersih,” ungkap Ricardo Purba, ESG Programme Leader OCS Group Indonesia dalam keterangan, Selasa (3/10/2023).

Ia menuturkan, sejalan dengan Komitmen ESG (Economy, Social, and Governance), inisiasi tersebut bertujuan melebihi dari sebatas membangun kesadaran pentingnya lingkungan yang bersih. Tapi juga mendorong masyarakat agar secara perlahan tapi pasti mampu mengubah perilaku mereka terhadap sampah.

“Kami juga mengutamakan upaya-upaya kami dengan melakukan waste management yang memastikan bahwa sampah yang terkumpul akan diproses lebih lanjut, dan tidak akan berakhir di tempat pembuangan sampah seperti TPS ataupun TPA,” jelasnya.

Sementara itu, Leader dari World Cleanup Day Indonesia Andy Bahari, mengaku optimistis besar kepada OCS Group Indonesia. Ia juga meyakini bahwa kolaborasi ini dapat menciptakan dampak yang berarti.

” Kolaborasi ini mampu mengubah peserta kegiatan cleanup menjadi agen perubahan baik itu bagi perusahaan maupun masyarakat luas,” katanya.

Diketahui, World Cleanup Day merupakan gerakan global bersih-bersih sampah yang dilakukan serentak setiap minggu ketiga di bulan September. Sejak sukses diluncurkan di Indonesia pada tahun 2018, kegiatan tersebut telah memberikan kontribusi signifikan.

Kegiatan ini berlangsung di sekitar hulu Sungai Ciliwung yang berada di dalam area Taman Edukasi dan Konservasi Ciliwung, Depok, Jawa Barat. Dalam satu hari saja, sebanyak lebih dari 360 kilogram sampah berhasil dikumpulkan dan diproses menjadi materi produk daur ulang. (nas)

Exit mobile version