Hadapi Musim Hujan, Pj Gubernur Heru Instruksikan Keruk Sungai dan Waduk

Hadapi Musim Hujan, Pj Gubernur Heru Instruksikan Keruk Sungai dan Waduk - bersih sungai - www.indopos.co.id

Kegiatan pengerukan waduk dan sungai di DKI Jakarta. (Dok Pemprov DKI Jakarta)

INDOPOS.CO.ID – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta secara serentak mengeruk saluran air, sungai dan waduk di lima wilayah kota dan kabupaten administrasi untuk mengantisipasi banjir saat musim hujan ini.

“Dalam menghadapi musim hujan, seluruh lapisan masyarakat Jakarta membangkitkan kembali semangat gotong-royong yang menjadi budaya Indonesia,” katanya dalam keterangan Minggu (19/11/2023).

Menururnya, kegiatan ‘Bakti Kita untuk Jakarta’ melibatkan pengerukan sepanjang 25,087 kilometer di berbagai wilayah Jakarta. Pengerukan terjadi di Jakarta Utara (7,2 km), Jakarta Barat (6,3 km), Jakarta Pusat (3,56 km), Jakarta Timur (3,21 km), dan Jakarta Selatan (4,8 km).

Selain itu, di Kabupaten Kepulauan Seribu juga turut serta dengan kegiatan di Pulau Panggang (Utara) dan Pantai Pasir Perawan (Selatan).

“Pada tingkat kecamatan, 44 kecamatan di Jakarta turut serta membersihkan saluran penghubung. Di tingkat kelurahan, warga dari 261 kelurahan melakukan pengurasan saluran di rumah masing-masing,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pengerukan juga dilakukan di Kali Adem, Jalan Pluit Karang Asri, Pluit, Penjaringan, melibatkan ASN, PJLP, pelajar, dan masyarakat di Jakarta Utara. Pengerukan massal di sepanjang aliran Sungai Ciliwung dijadwalkan kembali pada 20 November.

Kegiatan ini melibatkan lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mempercepat target pengerukan lumpur sebanyak 67,226 meter kubik.

“Partisipasi total pada Minggu mencapai 2,000 peserta, dengan 240 alat berat digunakan di seluruh Jakarta untuk melancarkan aliran air,” pungkasnya. (fer)

Exit mobile version