Seluruh Elemen Masyarakat Punya Peran Penting Wujudkan Pemilu Damai

samai

Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto (tengah) memberikan keterangan soal sosialisasi secara masif kepada masyarakat terkait Pemilu damai. (Pokja Wartawan Jakarta Barat)

INDOPOS.CO.ID – Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto menyatakan, pentingnya peran semua elemen masyarakat dalam mensukseskan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 yang damai.

“Sudah banyak elemen masyarakat yang mensosisalisasikan pemilu damai mulai dari organisasi masyarakat, organisasi keagamaan. Sehingga bisa mencurahkan aspirasinya,” kata Uus dalam diskusi publik bertajuk Pemilu Damai Kunci Kesuksesan 2024, Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Uus juga berpesan seluruh aparatur sipil negara (ASN) di wilayahnya menjaga integritas dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. Karenanya tidak terlibat dalam kegiatan politik.

“Untuk ASN sudah ada imbauan yang menjadi panduan bagi ASN, agar ASN netral dalam pemilu tahun 2024,” ucap Uus.

Prinsip netralitas ASN menjadi penting dalam konteks demokrasi, terutama dalam proses pemilihan umum. ASN tidak memihak kepada calon tertentu. Sehingga memastikan proses pemilihan adil, bebas, dan terpercaya.

Termasuk mencegah adanya gejolak, antara lain politik identitas. “Ini harus terus dilakukan, agar menjaga kebersamaan menjaga solidaritas. Pemilu yang jujur, damai, dan adil,” pesannya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat Endang Istianti menyatakan, pihaknya masih terus mensosialisasikan berkaitan pemilu 2024. Serta meningkatkan partisipasi pemilih, agar dapat langsung datang ke Tempat Pemilihan Sementara (TPS).

“Kita memang tengah berusaha meningkatkan dengan menggelar sosialisasi di berbagai tempat agar semakin banyak pemilih yang datang,” imbuh Endang. (dan)

Exit mobile version