Vladimir Putin Umumkan Tanggapan terhadap Bergabungnya Finlandia dengan NATO

putin

Presiden Rusia Vladimir Putin. (Russia Today)

INDOPOS.CO.ID – Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan tanggapan terhadap bergabungnya Finlandia dengan NATO. Putin mengatakan, Helsinki tidak pernah mengalami “masalah” apa pun dengan Moskow selama bertahun-tahun, namun kini masalah tersebut akan terjadi.

Putin mengumumkan Rusia akan membentuk distrik militer baru untuk memperkuat posisinya di dekat Finlandia sebagai tanggapan atas keputusan Finlandia bergabung dengan NATO.

Putin menyampaikan pernyataan tersebut dalam sebuah wawancara dengan jurnalis Rusia Pavel Zarubin yang disiarkan pada hari Minggu (17/12/2023), menyatakan bahwa Helsinki tidak memiliki “masalah” nyata dengan Moskow selama beberapa dekade,tetapi sekarang hal itu akan terjadi.

“Rusia sebenarnya tidak memiliki perselisihan wilayah dengan negara anggota NATO mana pun,” ujar Putin seperti dikutip dari Russia Today, Senin (18/12/2023).

Untuk melawan perluasan blok yang dipimpin AS, Rusia akan membentuk Distrik Militer Leningrad yang baru. Sesuai dengan namanya, pasukan baru ini akan ditempatkan di Wilayah Leningrad di bagian barat laut negara tersebut, tempat Kota St. Petersburg, yang dikenal sebagai Leningrad pada masa Uni Soviet – berada.

“Sebelum keputusan Finlandia untuk bergabung dengan NATO, kedua negara menikmati hubungan yang “paling ramah”, tambah Putin.

“Satu-satunya “masalah kecil” yang dialami Moskow dan Helsinki adalah perselisihan bisnis seputar industri pengolahan kayu,” tambah Putin.

Dia mengingat fakta bahwa negara-negara tetangganya tidak memiliki masalah bilateral yang belum terselesaikan. (dam)

Exit mobile version